ANALISIS PERBANDINGAN TEBAL PERKERASAN LENTUR METODE ANALISA KOMPONEN BINA MARGA DENGAN METODE DESAIN PERKERASAN JALAN MDPJ 2017 ( STUDI KASUS : JALAN KURAI MUDIAK LIKI SULIKI )

Maylana, Agustin (2021) ANALISIS PERBANDINGAN TEBAL PERKERASAN LENTUR METODE ANALISA KOMPONEN BINA MARGA DENGAN METODE DESAIN PERKERASAN JALAN MDPJ 2017 ( STUDI KASUS : JALAN KURAI MUDIAK LIKI SULIKI ). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
17046 Maylana Agustin.pdf

Download (52MB)

Abstract

Pembangunan infrastruktur jalan raya mempunyai peran penting sebagai pendukung kegiatan sosial dan ekonomi dalam masyarakat. Tetapi, masih terdapat wilayah di Sumatera Barat, salah satunya pada ruas Jalan Kurai Mudiak Liki Kabupaten Lima Puluh Kota. Jalan Kurai merupakan jalan penghubung antara desa di Kecamatan Lima Puluh Kota yang masih berupa tanah dan memiki lebar yang sempit. Dalam upaya memperbaiki kondisi jalan Kurai perlu dilakukan perencanaan jalan raya dengan memperhatikan faktor beban kendaraan, cuaca, material perkerasan dan daya dukung tanah. daya dukung tanah dasar ditentukan oleh nilai California Bearing Ratio yang sangat menentukan tebal lapis perkerasan karena akan menjadi pondasi perkerasan lentur yang akan direncanakan. Sedangkan lalu-lintas kendaraan, dimensi kendaraan dan beban muatan akan menimbulkan gaya tekan pada sumbu kendaraan yang menumpu pada perkerasan jalan yang disalurkan ke tanah dasar juga menjadi acuan penting dalam menentukan tebal perkerasan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perencanaan tebal perkerasan lentur dengan metode analisa komponen SKBI 2.3.26.1987 dan Metode Desain Perkerasan Jalan 2017 No. 02/M/BM/2017 pada ruas Jalan Kurai Mudiak Liki Suliki. Untuk mengetahuinya metode mana yang lebih kuat untuk beban lalu lintas. Semakin tinggi beban lalu lintas maka tebal dari tiap lapisan penting. Berdasarkan hasil perhitungan kedua metode didapatkan hasil pada Metode Analisa Komponen yaitu Laston =11,25 cm, Lapis Pondasi Atas =15cm, Lapis Pondasi Bawah =20cm, dan Metode Desain Perkerasan Jalan 2017 didapatkan hasil pehitungan AC-WC =4 cm, AC-BC 4 =6cm, ACBC atau AC Base =7,5cm, CTB 3 =15cm, Fondasi Agregat Kelas A=15cm. Kata Kunci: Metode Analisa Komponen, Metode Desain Perkerasan Jalan 2017, Jalan Kurai Mudiak Liki Suliki

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Teknik Sipil
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Teknik Sipil
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 26 Jan 2023 08:50
Last Modified: 26 Jan 2023 08:50
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/1025

Actions (login required)

View Item View Item