Homeschooling Sebagai Pendidikan Alternatif {101 HOMESCHOOLING SEBAGAI PENDIDIKAN ALTERNATIF

Julhadi, Julhadi and Hidayatul, Dina and Faizul, Faizul (2022) Homeschooling Sebagai Pendidikan Alternatif {101 HOMESCHOOLING SEBAGAI PENDIDIKAN ALTERNATIF. Tarbiyatul Aulad, 8 (1). pp. 101-117. ISSN 2303-2014 | E-ISSN: 2723-1143

[img] Text
schooling.pdf

Download (383kB)

Abstract

Pendidikan alternatif dengan model sekolah rumah (homeschooling) tidak hanya menumbuhkan keinginan belajar secara fleksibel pada anak, namun juga mampu menumbuhkan karakter moral pada anak. Pasalnya, dengan menyerahkan proses belajar sebagai hak anak untuk mendapatkan pendidikan, akan mendorong anak untuk belajar berdisiplin dan bertanggung jawab, terhadap segala kegiatan belajar yang telah dilakukannya.Sistem ini terlebih dahulu berkembang di Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya di dunia. Belakang ini banyak orangtua yang tidak puas dengan hasil sekolah formal sehingga menjadikan homeschooling sebagai alternatif proses belajar mengajar dalam perkembangan dunia pendidikan di Indonesia. Kerapkali sekolah formal berorientasi pada nilai rapor (kepentingan sekolah), bukannya mengedepankan keterampilan hidup dan bersosial (nilai-nilai iman dan moral). Selain itu, perhatian secara personal pada anak, kurang diperhatikan. Kata kunci: Homeschooling dan Pendidikan

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 04 Apr 2023 10:39
Last Modified: 04 Apr 2023 10:39
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/1331

Actions (login required)

View Item View Item