PENGEMBANGAN PROMOSI DAN PEMASARAN USAHA SULAMAN DAN BORDIR BERBASIS DIGITAL

Zulmardi, Zulmardi and Mitayani, Mitayani and Febriyanti, Febriyanti and Sri, Zulfia Novrita and Lilik, Suheri (2021) PENGEMBANGAN PROMOSI DAN PEMASARAN USAHA SULAMAN DAN BORDIR BERBASIS DIGITAL. Jurnal Pengamas, 4 (2). pp. 1-7. ISSN 2622-383X

[img] Text
Jurnal11.pdf

Download (448kB)

Abstract

Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) “Limos” adalah pelaku usaha di Kota Payakumbuh, di bidang sulaman dan bordir. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mencarikan solusi dari permasalahan mitra pada tahun ke-2 yaitu mengenai hal berikut: (1) manajemen pengelolaan mitra, seperti pencatatan operasional usaha dan rekapitlasi. (2) promosi dan pemasaran mitra masih sangat terbatas. (3) keterampilan dan soft skill sumber daya manusia mitra terkait promosi dan pemasaran berbasis digital masih kurang, (4) sarana dan prasarana masih sangat terbatas (5) belum ada terjalin kerjasama (MOU maupun MOA) dengan pemerintah daerah. Metode pengabdian berupa pelaksanaan kegiatan untuk menyelesaikan masalah mitra yang telah dilaksanakan adalah (1) membina administrasi pengelolaan manajemen keuangan dan usaha secara komputerisasi, (2) pelatihan promosi berbasis digital, promosi on-line, aplikasi akuntansi, pembukuan, administrasi serta keterampilan soft skill. (3) memberikan bantuan peralatan komputer lengkap, (4) kerjasama dengan dinas terkait. Tujuan dan target khusus yang ingin dicapai adalah mengembangkan promosi dan pemasaran untuk meningkatknya market size dan market value produksi. Hasil pengabdian adalah: (1) mengadakan pelatihan digital (2) kerjasama dengan pemerintah daerah (3) Tahap Pelaksanaan: mengadakan pelatihan dan promosi berbasis digital, manajemen dan strategi pemasaran, dan pengelolaan keuangan. Membuat website www.rumahlimos.com. Mencari peluang ke sasaran konsumen (4) Tahap Evaluasi pelaksanaan kegiatan dengan kegiatan (a) Pendampingan operasional aplikasi secara berkesinambuangan (b) Membuat progress pelaporan terkait perkembangan usaha (c) mengevaluasi pelaksanaan MOA. Kata Kunci: pengembangan, promosi dan pemasaran, digital, sulaman dan bordir

Item Type: Article
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 05 Apr 2023 05:11
Last Modified: 05 Apr 2023 05:11
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/1472

Actions (login required)

View Item View Item