PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARCSI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI PESERTA DIDIK SMP/MTs.

Usmadi, Usmadi and Ergusni, Ergusni (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARCSI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MOTIVASI PESERTA DIDIK SMP/MTs. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5 (1). pp. 30-37. ISSN 2407-2451

[img] Text
Auladuna 2018.pdf

Download (369kB)
Official URL: https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a3.2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran ARCSI dengan pendekatan saintifik terhadap motivasi peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMPN 1 kota Bukittinggi, Kelas VII SMPN 1 Ampek Angkek, dan MTs. PPM Diniyah Pasia Ampek Angkek Kabupaten Agam. Kelompok eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran ARCSI dengan pendekatan saintifik. Temuan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan model terhadap motivasi peserta didik yang diperoleh dari angket motivasi belajar matematika kelas VII1 MTs. PPM Diniyah Pasia, kelas VII1 SMPN 7 kota Bukittinggi, dan kelas VII1 SMPN 1 Ampek Angkek kabupaten Agam berkategori efektif dengan mean= 64,39% . Rincian untuk aspek attention 62,29%, relevance 61,33%, confidence 65,86%, dan satisfaction 64,07%. Kemudian setelah dilakukan uji anova satu jalur disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan secara signifikan antara motivasi belajar matematika peserta didik kelas VII1 MTs. PPM Diniyah Pasia, kelas VII1 SMPN 7 kota Bukittinggi, dan kelas VII1 SMPN 1 Ampek Angkek kabupaten Agam. Kata Kunci: Model Pembelajaran ARCSI, Pendekatan Saintifik, Motivasi Belajar

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2021 03:28
Last Modified: 26 Oct 2021 03:28
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/188

Actions (login required)

View Item View Item