Sri, Wahyuni and Basril, Basril Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Sumatera Barat. Kajian dan Pengembangan Ummat.
Text
JurnalBasSri.pdf Download (153kB) |
Abstract
Pendidikan karakter termasuk pada hal pokok dalam tujuan pendidikan di Indonesia. Lembaga pendidikan berperan penting dalam pembentukan tingkah laku, kepribadian serta moral peserta didik. Metode penelitian ini mempergunakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan instrumen yaitu lembar wawancara dan observasi. Hasil penelitian menginformasikan bahwa implementasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 4 Sumatera Barat dilakukan dalam tiga tahap pembelajaran, yaitu perencanaan, proses pelaksanaan, dan evaluasi atau penilaian hasil pembelajaran. Nilai-nilai karakter yang diimplementasikan pada pembelajaran PAI yakni nilai toleransi, jujur, kerja keras, disiplin, mandiri, kreatif, rasa ingin tahu, demokrasi, religius, peduli pada sesama, cinta tanah air, semangat kebangsaan, bersahabat, menghargai prestasi, gemar membaca, cinta damai, peduli lingkungan, serta pantang menyerah
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 09 May 2023 08:50 |
Last Modified: | 09 May 2023 08:50 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/1899 |
Actions (login required)
View Item |