PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN STRATEGI MOTIVASI ARCS DI SMP NEGERI 1 BUNGO SETANGKAI KECAMATAN PAYAKUMBUH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Ergusni, Ergusni and Usmadi, Usmadi (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN STRATEGI MOTIVASI ARCS DI SMP NEGERI 1 BUNGO SETANGKAI KECAMATAN PAYAKUMBUH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam.

[img] Text
Ergusni , Usmadi R5 UM Sumbar STKIP Abdi PYK.pdf

Download (623kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dan ditindak lanjuti dengan penelitian tindakan kelas (action research). Untuk pengembangan perangkat pembelajaran berpedoman pada four –D Models yaitu suatu pola pengembangan perangkat pembelajaran yang memiliki empat tahap, yakni: Design , Define develop dan dessiminate. Pada penelitian ini, langkah yang dilakukan hanyalah sampai pada tahap Design , Define dan develop. Dari hasil analisis data setelah penerapan model pembelajaran langsung dengan strategi motivasi ARCS, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1. Berdasarkan hasil pengamatan pada siklus I, Siklus II dan siklus III perangkat pembelajaran yang digunakan cukup efektif digunakan pada kegiatan pembelajaran. 2. Kemampuan guru mengelola pembelajaran pada materi ajar gerak baik pada siklus I, Siklus II dan siklus III cenderung baik. 3. Aktivitas guru dan sisiwa dalam Kegiatan Belajar Mengajar pada materi ajar gerak cenderung meningkat baik pada siklus I, Siklus II dan Siklus III. 4. Berdasarkan hasil pretes dan postes terdapat peningkatan proporsi jawaban benar siswa untuk tes hasil belajar kognitif siswa. 5. Motivasi siswa terhadap bahan atau materi ajar gerak adalah baik. 6. Minat siswa terhadap materi ajar gerak adalah baik. 7. Berdasarkan hasil uji t untuk data yang berpasangan; diperoleh nilai thitung = 2,4197 > 2,056 = ttabel. Ini berarti model pembelajaran yang mengintegrasikan strategi-strategi motivasi model ARCS dalam model pembelajaran langsung memberikan dampak yang positif terhadap hasil belajar kognitif siswa. Kata Kunci: Strategi Motivasi ARCS, Model Pembelajaran Langsung

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2021 03:39
Last Modified: 26 Oct 2021 03:39
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/190

Actions (login required)

View Item View Item