PEMIKIRAN KONSTRUKTIVISTIK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR

Ergusni, Ergusni PEMIKIRAN KONSTRUKTIVISTIK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam.

[img] Text
Ergusni 6. UM Sumbar .pdf

Download (126kB)

Abstract

Pemikiran konstruktivistik dalam implementasi kurikulum tahun 2013 di sekolah dasar sangat cocok, ini sesuai dengan pragdima pendidikan pada SD yang sudah berubah dari “teacher center “ berubah menjadi “student center”. Artinya dalam pembelajaran diharapkan siswa mampu mengkonstruksi pembelajaran sendiri. Implikasi pemikiran Konstruktivisme dalam kurikulum 2013 di sekolah dasar harus dimulai dari seorang guru yang konstruktivis, dan guru yang bisa berperan sebagai fasilitator, motivator, moderator dan inovator dalam pembelajaran. Peserta didik perlu dibekali dengan pengetahuan dan competence yang memungkinkan mereka beradaptasi dengan berbagai perubahan yang mungkin timbul. Sehubungan dengan hal itu, ada enam kompetensi yang harus dimiliki peserta didik yakni : (1) akses ke informasi; (2) berpikir jernih; (3 ) berkomunikasi efektif; (4) memahami lingkungan manusia; (5) memahami individu dan masyarakat; dan (6) meningkatkan kemampuan individual. Serta bagi pengembang dan pelaksana kurikulum yang harus mempertimbangkan 20 hal tentang pengetahuan dan keterampilan yang harus dibekali kepada para peserta didik masa depan, antara lain: (1) keterampilan dasar (basic tools) yang bukan hanya 3R, Reading, wRiting dan aRithmetic (membaca, menulisdan berhitung), tetapi juga keterampilan teknologi terutama computeR (4R), serta foReign language (4R).; (2) keterampilan belajar mandiri (learning how to learn; (3) menemukan informasi lama; (4) persiapan bagi kehidupan berteknologi; (5) proses belajar sepanjang hayat; (6) pengetahuan nilai-nilai . Kata Kunci: Pembelajaran, Konstruktivisme, dan Kurikulum

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2021 03:45
Last Modified: 26 Oct 2021 03:45
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/192

Actions (login required)

View Item View Item