Ergusni, Ergusni PENERAPAN METODE RESOURCE-BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam.
Text
Ergusni R2 UM Sumbar STKIP Abdi PYK.pdf Download (106kB) |
Abstract
Metode Resource-based Learning adalah suatu metode dalam pembelajaran yang menekankan kepada penguasaan keterampilan tentang cara belajar, bukanlah bahan pelajaran yang harus dikuasai. Sehingga dalam pembelajaran bagaimana para peserta didik termotivasi dalam belajar dan timbul minatnya dalam belajar matematika. Yang akhirnya akan meningkatkan hasil belajarnya. Dalam pembelajaran peran seorang guru diharapkan, sebagai: pemberi motivasi, penyampai tujuan pembelajaran, menyampaikan hal-hal yang bisa didapatkan siswa dalam belajar berdasarkan sumber serta bagaimana caranya belajar sendiri dengan berbagai sumber, memfasilitasi berbagai sumber yang dibutuhkan dan disetujui oleh siswa, memberikan option pada siswa/kelompok bagaimana mereka mendemonstrasikan hasil belajarnya, menentukan bagaimana hasil belajar itu dikumpulkan, apakah berbentuk makalah, catatan, rekaman audio/visual, memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar sendiri dengan sumbersumber yang telah disepakati. memberikan bimbingan, arahan serta bantuan yang diperlukan oleh siswa. melakukan penilaian terhadap hasil presentasi siswa, serta membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah diperoleh siswa melalui belajar berdasarkan sumber. Kata Kunci : Metode, Resource Based Leaarning, Pembelajaran matematika
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 26 Oct 2021 03:49 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 03:49 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/194 |
Actions (login required)
View Item |