Ergusni, Ergusni PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DI SEKOLAH. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam.
Text
Ergusni R3 UM Sumbar STKIP Abdi PYK.pdf Download (155kB) |
Abstract
Pembelajaran merupakan suatu upaya penataan lingkungan yang memberi nuansa agar program belajar tumbuh dan berkembang secara optimal, dapat meningkatkan perkembangan potensi peserta didik secara optimal sehingga mampu menghadapi tantangan dan perubahan zaman. Pembelajaran matematika adalah proses pemberian pengalaman belajar kepada siswa melalui serangkaian kegiatan yang terencana, siswa memperoleh kompetensi tentang materi yang dipelajari. Dalam pembelajaran matematika ada dua objek yang diperoleh siswa yaitu objek langsung dan objek tak langsung. Objek langsung berupa fakta, keterampilan, konsep dan aturan. Objek tak langsung antara lain kemampuan menyelidiki dan memecahkan masalah, belajar mandiri dan mengetahui bagaimana mestinya belajar. Pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat dilaksanakan secara bertahap, yaitu : 1) Tahap pendahuluan. 2) Tahap pengembangan model simbolik (matematisasi dan refleksi), 3) Tahap penjelasan dan alasan (abstraksi dan formalisasi), 4) Tahap penutup (matematisasi dalam aplikasi). . Key Words: Mathematics Learning, Approach, Realistic Mathematics Education (RME).
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 26 Oct 2021 03:51 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 03:51 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/195 |
Actions (login required)
View Item |