BAURAN PROMOSI DALAM MENINGKATKAN MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN MANCANEGARA DI PUSAT DOKUMENTASI DAN INFORMASI KEBUDAYAAN MINANGKABAU (PDIKM)

Sandra, Desfi (2023) BAURAN PROMOSI DALAM MENINGKATKAN MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN MANCANEGARA DI PUSAT DOKUMENTASI DAN INFORMASI KEBUDAYAAN MINANGKABAU (PDIKM). Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
191000293301019 SANDRA DESFI.pdf

Download (50MB)

Abstract

Dalam meningkatkan minat kunjungan wisatawan mancanegara di Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) maka diperlukan suatu bauran untuk mencapai tujuan tersebut dengan cara melakukan inovasi bauran promosi yang ada. Namun masih terdapat kendala yang dihadapi dalam melakukan kegiatan promosi yang dilakukan baik itu dari segi anggaran, sarana dan prasarana, sumber daya manusia yang terbatas dan lainnya. Dalam penelitian ini, peneliti bertujuan untuk mengetahui bauran promosi yang telah dilakukan dan upaya apa yang perlu dilakukan oleh pengelola PDIKM terkait bauran promosi dalam meningkatkan minat kunjungan wisatawan mancanegara di PDIKM. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan pengumpulan data dengan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, bauran promosi PDIKM yang dilakukan pengelola belum maksimal. Dari 5 bauran promosi yang dianalisis oleh peneliti, belum semua bauran promosi dilakukan secara totalitas. Disamping itu kegiatan promosi yang gencar dilakukan pengelola adalah promosi dengan menggunakan sosial media (instagram, facebook, dan tiktok), melaksanakan event di PDIKM, pemasaran langsung yang dilakukan pengelola kepada tour guide, pihak travel agent, hingga wisatawan. Dan terutama kegiatan promosi yang dilakukan untuk menarik minat kunjungan wisatawan mancanegara ke PDIKM juga sangat kurang sekali. Dari 8 informan yang diwawancarai sangat minim sekali kegiatan promosi yang dilakukan terkait PDIKM kepada wisatawan mancanegara. Peneliti menganalisa strategi promosi melalui perikalanan (adverisitng) yang perlu dilakukan sebagai inovasi bauran promosi PDIKM dalam upaya meningkatkan minat kunjungan wisatawan mancanegara di PDIKM dengan menggunakan langkah-langkah dalam penelitian tindakan. Dan tindakan yang dilakukan oleh peneliti tersebut berdampak besar terhadap peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di PDIKM. Kesimpulan bahwa PDIKM ini dapat dipromosikan melalui bauran promosi yang ada secara maksimal. Sehingga diperlukan berbagai inovasi dan kreatifitas dalam kegiatan promosi sebagai upaya dalam meningkatkan minat kunjungan wisatawan mancanegara di PDIKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: D History General and Old World > Usaha Perjalanan Wisata
D History General and Old World > Fakultas Pariwisata > Usaha Perjalanan Wisata
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pariwisata > Usaha Perjalanan Wisata
Divisions: Library of Congress Subject Areas > D History General and Old World > Usaha Perjalanan Wisata
Library of Congress Subject Areas > D History General and Old World > Fakultas Pariwisata > Usaha Perjalanan Wisata
Fakultas Pariwisata > Usaha Perjalanan Wisata
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2024 04:38
Last Modified: 23 Jan 2024 04:38
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2115

Actions (login required)

View Item View Item