Gambaran Pelaksanaan Patient Centered Care (PCC) Di Ruang Rawat Inap Interne RSI Ibnu Sina Padang Panjang Tahun 2023.

Rahmatul, Aziza (2023) Gambaran Pelaksanaan Patient Centered Care (PCC) Di Ruang Rawat Inap Interne RSI Ibnu Sina Padang Panjang Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
20190040 RAHMATUL AZIZA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal, ditemukannyaTenaga medis yang kurang memperhatikan pasien, tenaga kesehatan kurang memberikan informasi ataupun edukasi, tenaga kesehatan kurang menyediakan kesempatan berdiskusi, tenaga medis kurang cepat menanggapi keluhan pasien.Tujuan penelitian adalah diketahuinya gambaran pelaksanaan patient centered care (PCC) Di Ruang Rawat Inap Interne RSI Ibnu Sina Padang Panjang Tahun 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden yang berada di ruangan rawat inap interne RSI Ibnu Sina Padang Panjang. Penelitian dilakukan tanggal 5 Agustus - 13 Agustus 2023 Teknik Sampling yang digunakan yaitu metode accidental sampling, dengan analisis data univariat. Hasil penelitian ini, diperoleh dukungan emosional dari 30 responden terdapat 17 orang (56,7%) menyatakan dukungan emosional) dikategorikan kurang baik sedangkan 13 orang (43,3%) diketegorikan baik, 18 orang (60,0%) menyatakan kenyamanan fisik dikategorikan baik sedangkan 12 orang (40,0%) dikategorikan kurang baik, 18 orang (60,0%) menyatakan informasi dan edukasi dikategorikan kurang baik sedangkan 12 orang (40,0%) dikategorikan baik, 17 orang (56,7% ) menyatakan koordinasi pelayanan dikategorikan kurang baik sedangkan 13 orang (43,3%) dikategorikan baik, 19 orang (63,3% ) menyatakan akses pelayanan dikategorikan kurang baik sedangkan 13 orang (36,7%) dikategorian baik. Disimpulkan bahwa gambaran pelaksanaan patient centered care (PCC) Di Ruang Rawat Inap Interne RSI Ibnu Sina Padang Panjang, lebih dari 50% Pasien memiliki dukungan emosional kurang baik (56,7 %), kenyamanan fisik baik dengan persentase 60,0%, Informasi dan kurang baik dengan persentase 60,0%, koordinasi pelayanan kurang baik (56,7%), akses pelayanan kurang baik (63,3%). Dan saran peneliti untuk rumah sakit yaitu perlunya peningkatan dalam pelaksanaan patient centered care (PCC).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Administrasi Rumah Sakit
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Library of Congress Subject Areas > Administrasi Rumah Sakit
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:09
Last Modified: 24 Jan 2024 03:09
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2155

Actions (login required)

View Item View Item