Gambaran Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Rawat Inap Kebidanan Rumah Sakit Umum Madina Bukittinggi 2023

Meli, Andani (2023) Gambaran Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Rawat Inap Kebidanan Rumah Sakit Umum Madina Bukittinggi 2023. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
20190010 MELI ANDANI.pdf

Download (31MB)

Abstract

Persepsi merupakan proses yang menyangkut masuknya pesan atau informasi kedalam otak manusia. Melalui persepsi manusia terus menerus mengadakan hubungan dengan lingkunganya. Hubungan ini dilakukan melalui inderanya, yaitu indera penglihatan, pendengaran, peraba, perasaan dan pencium. Mutu pelayanan kesehatan adalah pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan kesehatan yang sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata penduduk serta penyelenggaraannya sesuai dengan standar dan kode etik profesi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Gambaran Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Rawat Inap Kebidanan Rumah Sakit Umum Madina Bukittinggi Penilitian ini dilakukan di Rumah Sakit Umum Madina Bukittinggi pada tanggal 02 – 12 Agustus Tahun 2023 dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuanttatif dengan jumlah sampel sebanyak 82 orang dengan menggunakan teknik Simple Slovin Sampling. Hasil penelitian menunjukan dari 82 orang responden, persepsi reability pasien rawat inap kebidanan 43 orang (51,2%) memiliki persepsi yang kurang baik, sebanyak 43 orang (51,2%) memiliki persepsi yang kurang baik terhadap responsiveness, sebanyak 45 orang (53,6%) memiliki persepsi yang kurang baik, sebanyak 53 orang (63,1%) memliki persepsi yang baik terhadap emphaty, sebanyak 45 orang (53,6%) memilki persepsi yang kurang baik terhadap tangible. Kesimpulan semakin tinggi persepsi pelayanan kebidanan terhadap pasien maka mutu pelayanan rawat inap kebidanan akan sangat baik. Diharapan kepada pihak Rumah Umum Madina Bukittinggi untuk meningkatkan mutu pelayanan rawat inap dengan memperbaiki kualitas pelayanan dengan cara memberikan tanggapan yang cepat melayani paasien dan memberikan motivasi kepada pasien dan kehandalan dalam menangani keluhan dan permitaan pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Administrasi Rumah Sakit
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Library of Congress Subject Areas > Administrasi Rumah Sakit
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:33
Last Modified: 24 Jan 2024 03:33
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2160

Actions (login required)

View Item View Item