Gambaran Mutu Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Madina Bukittinggi Tahun 2023

Aniza, Putri (2023) Gambaran Mutu Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Madina Bukittinggi Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
20190044 ANIZA PUTRI.pdf

Download (45MB)

Abstract

Mutu pelayanan keperawatan di indonesia dianggap masih kurang memuaskan, dikarenakan perawat kurang perhatian kepada pasien, kurang memberikan caring kepada pasien, kurang tanggap dalam menangani keluhan pasien, kurang memberikan motivasi kepada pasien dan perawat kurang memperhatikan sikap teraupetik kepada pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Gambaran Mutu Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Madina Bukittinggi. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Umum Madina Bukittinggi pada Tanggal 15 April s/d 15 Agustus Tahun 2023 menggunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 85 pasien menggunakan rumus slovin. Menggunakan teknik simple random sampling. Hasil Penelitian menunjukkan dari 85 responden, Mutu pelayanan keperawatan di ruang rawat inap 50 orang (58.8%) memiliki persepsi kurang baik, sebanyak 63 orang (74.1%) memiliki persepsi kurang baik terhadap caring, sebanyak 60 orang (70.6%) memiliki persepsi kurang baik terhadap kecepatan, sebanyak 57 orang (67.1%) memiliki persepsi baik terhadap empati, sebanyak 65 orang (76.5%) memiliki persepsi kurang baik terhadap courtesy, sebanyak 66 orang (77.6%) memiliki persepsi baik terhadap sincerity, dan sebanyak 58 orang (68.2%) memiliki persepsi kurang baik terhadap komunikasi teraupetik. Kesimpulan semakin tinggi pelayanan perawat terhadap pasien maka mutu pelayanan keperawatan akan sangat baik.Diharapkan kepada pihak Rumah Sakit Umum Madina Bukittinggi untuk lebih meningkatkan mutu pelayanan keperawatan di ruang rawat inap dengan memperbaiki kualitas pelayanan dengan cara perawat harus lebih caring/perhatian kepada pasien, harus lebih tanggap dalam menangani keluhan pasien, harus lebih memberikan motivasi kepada pasien, harus lebih ramah kepada pasien dan perawat harus lebih memperhatikan sikap teraupetik pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Administrasi Rumah Sakit
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Library of Congress Subject Areas > Administrasi Rumah Sakit
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2024 04:24
Last Modified: 24 Jan 2024 04:24
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2168

Actions (login required)

View Item View Item