Gambaran Faktor Yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien dalam Menggunakan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Di Bagian Pendaftaran Online RSUD Kota Padang Panjang Tahun 2023

Gita, Najla Alkhansa (2023) Gambaran Faktor Yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien dalam Menggunakan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Di Bagian Pendaftaran Online RSUD Kota Padang Panjang Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
20190030 GITA NAJLA ALKHANSA.pdf

Download (34MB)

Abstract

Peninjauan kepuasan pengguna sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) pada rumah sakit adalah hal yang sangat penting untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna. Salah satu faktor yang dapat memperngaruhi kepuasan terhadap pengguna sistem informasi rumah sakit (SIMRS) yaitu terdiri dari aspek kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan. Permasalahan yang ditemukan dari segi pengguna pendaftaran langsung dimana pengguna tidak melakukan pendaftaran secara online. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Gambaran Faktor Yang Berhubungan dengan Kepuasan dalam Menggunakan Sistem Indormasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Di Bagian Pendaftaran Online RSUD Kota Padang Panjang. Penelitian dilaksanakan pada 10 – 11 Agustus 2023 menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah sebanyak 64 orang pasien. Hasil penelitian ini menunjukkan dari 64 orang responden menyatakan kualitas sistem berada pada kategori kurang baik berjumlah 28 orang (43,8%) dan baik 36 orang (56,3%), pada kualitas informasi penilaian pada kategori kurang baik berjumlah 40 orang (62,5%) dan baik 24 orang (37,5%), kualitas layanan yang memberikan penilaian baik sebanyak 64 orang (100%) dan dari 64 orang responden yang menyatakan puas berjumlah 26 orang (40,6%) dan kurang puas berjumlah 38 orang (59,4%) dan puas 26 orang (40,6%). Kesimpulannya berdasarkan hasil penelitian Kualitas Sistem berada di kategori baik (56,3), Kualitas Informasi berada di kategori kurang baik (62,5%), Kualitas Layanan berada di kategori yang baik (100%) dan Kepuasan Pasien berada pada kategori kurang puas (59,4%). Diharapkan kepada pihak rumah sakit untuk meningkatkan kualitas informasi dengan cara mengadakan kegiatan berkala penyuluhan cara menggunakan pendaftaran online guna untuk lebih maksimalnya penggunaan pendaftaran online RSUD Kota Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Administrasi Rumah Sakit
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Library of Congress Subject Areas > Administrasi Rumah Sakit
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:28
Last Modified: 24 Jan 2024 07:28
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2181

Actions (login required)

View Item View Item