PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ARCSI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Usmadi, Usmadi PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ARCSI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
Usmadi R13 UM Sumbar, PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ARCSI.pdf

Download (246kB)

Abstract

Penelitian ini, diawali dari beberapa masalah yang ditemukan di SMP/MTs. di kota Bukittinggi dan kabupaten Agam, yaitu guru belum mendesain proses pembelajaran matematika yang bermotivasi, proses pembelajaran dan perangkat pembelajaran yang disusun oleh guru belum memfasilitasi peserta didik untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuannya, dan proses pembelajaran yang dilakukan guru masih bersifat konvensional, sehingga hasil belajar matematika peserta didik masih rendah, serta proses pembelajaran belum didesain dengan pendekatan saintifik sesuai dengan yang diamanatkan oleh kurikulum 2013. Berdasarkan masalah tersebut dirasakan perlu untuk mengembangkan suatu Model Pembelajaran ARCSI dengan Pendekatan Saintifik yang valid, praktis, dan efektif.. Tujuan penelitian ini secara umum adalah menghasilkan suatu model pembelajaran ARCSI dengan pendekatan saintifik yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah design research berdasarkan Plomp (2013) dengan tiga tahap pengembangan yakni (1) preliminary Research phase, (2) prototyping phase, dan (3) assesment phase. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII1 SMP Negeri 7 kota Bukittinggi, kelas VII1 SMP Negeri 1 Ampek Angkek, dan Kelas VII1 MTs PPM Diniyah Pasia Kabupaten Agam. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi/pengamatan, serta tes hasil belajar dan angket motivasi untuk memperoleh validitas, praktikalitas, dan efektivitas model yang dikembangkan. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode statistik deskriptif kualitatif dan statistik inferensial untuk melihat motivasi dan peningkatan hasil belajar matematika peserta didik. Produk Model Pembelajaran ARCSI dengan Pendekatan Saintifik yang dikembangkan adalah buku model, buku Pedoman Kerja Guru (PKG), buku Pedoman Kerja Peserta Didik (PKPD). Ketercapaian hasil penelitian menunjukkan model dan perangkat sistem pendukung model memenuhi unsur kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kemudian model pembelajaran ARCSI dengan pendekatan saintifik yang telah dikembangkan mempunyai keefektifan yang lebih tinggi daripada model pembelajaran yang dilaksanakan guru di sekolah yang bersifat konvensional Kata Kunci: Strategi motivasi model ARCS, nilai-nilai Islami, pendekatan saintifik, dan model pembelajaran ARCSI.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2021 04:23
Last Modified: 29 Oct 2021 04:23
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/240

Actions (login required)

View Item View Item