PERJANJIAN AGEN PT. ENZA PUTRA PRATAMA DENGAN PANGKALAN ZAHARMAN DALAM PENYALURAN LPG DI KOTA PADANG

ERNI, SAHARA and Benni, Rusli and Mairul, Mairul (2023) PERJANJIAN AGEN PT. ENZA PUTRA PRATAMA DENGAN PANGKALAN ZAHARMAN DALAM PENYALURAN LPG DI KOTA PADANG. Ensiklopedia of Journa, 6 (1). pp. 243-251. ISSN 2654-8399

[img] Text
19050 ERNI SAHARA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis perjanjian pendistribusian antara Agen PT. Enza Putra Pratama dengan Pangkalan Zaharman dalam penyaluran tabung gas LPG 3 Kg. Permasalahannya, pelaksanaan perjanjian tersebut tidak jalan sebagaimana mestinya dengan kurangnya jumlah tabung gas yang diterima dari yang telah diperjanjikan. Ditinjau dari hukum perjanjian berdasarkan Pasal 1338 ayat (1) KUHPerdata, perjanjian berlaku seperti undang-undang, harus dilaksakanan oleh pihak yang membuatnya. Rumusan masalah 1) Bagaimana ketentuan perjanjian penyaluran LPG antara Pangkalan Zaharman dengan PT. Enza Putra Pratama di Kota Padang? 2) Bagaimana pelaksanaan dan kendala perjanjian penyaluran LPG antara Pangkalan Zaharman dengan PT. Enza Putra Pratama di Kota Padang? Metode penelitian menggunakan pendekatan pendekatan yuridis empiris. Menggunakan data primer dan data sekunder. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian : 1) Ketentuan perjanjian penyaluran LPG antara Pangkalan Zaharman dengan agen PT. Enza Putra Pratama disepakati dalam Surat Perjanjian Nomor : 056/EPP-ZHM/LPG/VII/2016. Terdapat poin-poin kesepakatan para pihak mulai dari jumlah volume tabung gas LPG 3 Kg yang diterima tiap bulan hingga mengatur hak dan kewajiban masing-masing pihak. Disamping itu juga terdapat kesepakatan mengenai peninjauan dan berakhirnya perjanjian. 2) Pelaksanaan perjanjian penyaluran LPG antara Pangkalan Zaharman dengan agen PT. Enza Putra Pratama di Kota Padang dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan seperti dalam Surat Perjanjian Nomor : 056/EPP�ZHM/LPG/VII/2016. Kendala yang sering ditemui jumlah volume tabung gas yang diterima oleh pangkalan tidak sesuai dengan jumlah yang telah diperjanjikan. Mengatasi hal tersebut, maka pihak pangkalan berkomunikasi dengan pihak agen untuk menyelesaikan kendala secara kekeluargaan.

Item Type: Article
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Library of Congress Subject Areas > P Language and Literature > Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2024 07:38
Last Modified: 22 Feb 2024 07:38
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2446

Actions (login required)

View Item View Item