PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KUMON DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Usmadi, Usmadi and Amelia, Agita PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KUMON DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
Usmadi R15 UM Sumbar,PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KUMON DALAM.pdf

Download (177kB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas X SMK N 2 Padangpanjang masih rendah, salah satu penyebabnya adalah kurang tepatnya metode yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan metode pembelajaran Kumon. Metode Kumon menggali potensi setiap individu dengan metode belajar mandiri yang disesuaikan dengan kemampuan setiap individu”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa dan untuk melihat pengaruh penerapan metode pembelajaran Kumon terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi program linear di kelas X SMK N 2 Padangpanjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan One Group Pretest-Posttest . Populasi kelas X SMK N 2 Padangpanjang, sampel penelitian diambil secara random sampling dengan jumlah sampel 30 orang siswa kelas X TKJ-2. Hasil uji hipotesis diperoleh tHitung=11,42 >1,699=t(0,05;29), dengan demikian Ho ditolak atau H1 diterima. Ini berarti terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran Kumon terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi program linear di kelas X SMK N 2 Padangpanjang. Simpulan hasil penelitian bahwa penerapan metode pembelajaran Kumon berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan program linear. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Kumon, Pemecahan masalah matematika

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2021 07:05
Last Modified: 29 Oct 2021 07:05
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/245

Actions (login required)

View Item View Item