Perlindungan Konsumen Terhadap Produk Yang Telah Mencantumkan Label Halal Sebelum Memiliki Sertifikat Halal Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen

Fadhilla, Wulandari and Nuzul, Rahmayani and Syuryani, Syuryani (2023) Perlindungan Konsumen Terhadap Produk Yang Telah Mencantumkan Label Halal Sebelum Memiliki Sertifikat Halal Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. SYARI’AH Journal of Indonesian Comparative of Syari’ah Law, 6 (2). pp. 219-238. ISSN 2621 - 329X

[img] Text
19049 FADHILLA WULANDARI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sertifikat halal adalah sebuah surat pernyataan kehalalan produk yang dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang yang telah dipastikan keabsahannya, banyaknya kecurangan yang dilakukan oleh pelaku usaha atas pemalsuan kehalalan produknya menyebabkan terancamnya hak-hak yang seharusnya didapatkan oleh konsumen. Sebagai bentuk perlindungan terhadap hak-hak konsumen maka pemerintah telah menetapkan ketentuan yang berlaku saat ini yaitu Undang�Undang No. 08 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Dengan adanya hukum perlindungan kosumen ini akan berdampak pada kesejaheteraan dan ketentraman masyarakat muslim dimanapun berada. Hasil penelitian diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran para pelaku usaha seberapa pentingnya sertifikat halal dan label halal ini bagi para umat muslin maupun non muslim. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bagaimana undang-undang mengenai perlindungan konsumen ini mengatur dan melindungi konsumen-konsumen yang merasa dirugikan atas perbutan pelaku usaha yang tidak bertanggung jawab yang mana hanya memikirkan untung yang besar tanpa berfikir apa dampak yang akan mereka dapatkan. Metode pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan normatif, pendekatan normatif adalah pendekatan yang dilakukan dengan cara mengamati permasalahan dengan menganalisis norma, peraturan yang berlaku, serta berdasarkan dari berita yang beredar. Melihat kepada aturan yang diberikan oleh undang-undang mengenai perlindungan konsumen bagaimana pertanggung jawaban yang seharusny diberikan oleh seseorang selaku pelaku usaha atas kerugian yang diteriman oleh konsumen atas produk yang mereka edarkan dan bagaimana juga tindakan yang harus dilakukan oleh konsumen agar teliti dalam membaca dan mendengarka informasi mengenai kehalalan produk yang akan mereka konsumsi atau mereka gunakan

Item Type: Article
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Library of Congress Subject Areas > P Language and Literature > Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2024 02:47
Last Modified: 26 Feb 2024 02:47
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2482

Actions (login required)

View Item View Item