IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DI MAN 1 SOLOK

Triza, Harnofa (2024) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DI MAN 1 SOLOK. Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.

[img] Text
Tesis (Harnofa Triza).pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Harnofa Triza, 2024, “ Implementasi Nilai-nilai Karakter Religius Dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA MAN 1 Solok Plus Keterampilan “. Salah satu perpanjangan tangan pemerintah dalam membangun karakter suatu bangsa adalah melalui satuan pendidikan. Pendidikan dapat menghidupkan sebuah karakter yang dapat dijadikan sebuah alternatif untuk memperbaharui hasil pembelajaran di sebuah pendidikan. Permasalahan dalam dunia pendidikan dewasa ini kurangnya nilai-nilai karakter pada siswa, hal ini dapat di lihat dari pergaulan bebas, arus globalisasi yang semakin maju dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi serta lingkungan yang sudah berbaur dengan dunia maya. Semua permasalahan ini harus secepatnya di tanggulangi. Fisika sebagai salah satu Pembelajaran yang sangat erat hubungannya dengan perkembangan teknologi, tentu akan berdampak positif maupun negatif di dalam perkembangan nilai-nilai karakter siswa. Dari masalah ini peneliti meneliti adalah dampak positif dari mengimplementasikan nilai-nilai karakter religius dalam pembelajaran fisika terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak positif dari mengimplementasikan nilai-nilai karakter religius dalam pembelajaran fisika terhadap hasil belajar siswa yang berupa nilai-nilai karakter religious apa yang di tanamkan melalui pembelajaran fisika, bagaimana proses mengimplementasikan nilai-nilai karakter religious dalam pembelajaran serta dampaknya terhadap hasil belajar siswa Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Solok Plus Keterampilan pada siswa kelas XI IPA tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara mendalam, (2) observasi partisipatif,(3) dokumentasi. Proses analisa data dilakukan mulai dari pengumpulan data, editing (pemilahan), dan pengecekan keabsahan data. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan metode tringulasi data. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa : 1) nilai –nilai Karakter religius yang ditanamkan melalui pembelajaran fisika di MAN 1 Solok adalah nilai ibadah ( Sholat, Membaca Alquran, berdoa ), dan nilai- nilai sikap / Karakter religius siswa dalam pembelajaran fisika ( jujur, bertanggung jawab, disiplin, keteladanan .(2) Implementasi nilai-nilai karakter religius dalam pembelajaran fisika adalah sebelum Proses belajar- mengajar siswa 1. Kultum 7 menit sebelum masuk lokal,PBM di awali dengan berdoa, membaca alquran beserta terjemahannya, mengkaitkan nilai-nilai karakter religius dengan materi pembelajaran dan di tutup kembali dengan doa penutup pembelajaran, di luar kelas mengadakan sholat zuhur berjemaah yang diawali dengan kultum 7 menit, sholat dhuha di waktu istirahat, dan juga tafisz al quran. (3)Implementasi nilai-nilai karakter religius terhadap hasil belajar fisika dapat menumbuhkan sikap jujur, tanggung jawab, disiplin , ini dapat di lihat dari hasil penilaian guru bidang study fisika ( kognitif, afektif dan Psikomotor ) siswa yang mencerminkan nilai yang sangat baik dan berdampak positif dengan karakter religius siswa. Kata Kunci : Implementasi, Nilai-nilai Karakter Religius, Pembelajaran Fisika, hasil belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Nilai-nilai Karakter Religius, Pembelajaran Fisika, hasil belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2024 04:37
Last Modified: 03 May 2024 04:39
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2529

Actions (login required)

View Item View Item