MODEL PENGELOLAAN PENDIDIKAN BERBASIS MANAJEMEN MUTU PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT

Usmadi, Usmadi (2012) MODEL PENGELOLAAN PENDIDIKAN BERBASIS MANAJEMEN MUTU PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
Usmadi RM 8 UM Sumbar.pdf

Download (143kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, maka tingkat pendidikan pada masyarakat mengalami peningkatan. Oleh sebab itu pendidikan pada tingkat perguruan tinggi dipandang sangatlah penting bagi masyarakat. Perguruan tinggi dengan produknya berupa jasa pendidikan merupakan lembaga yang berfungsi sebagai tempat untuk menyelenggarakan tri dharma perguruan tinggi ; pendidikan atau pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. (Tim Quality Assurance, 2006). Sallis (2006) menyatakan bahwa penerapan manajemen mutu dalam pengelolaan pendidikan ( Total Quality Education (TQE)) merupakan suatu keharusan. Dasar dari manajemen ini dikembangkan dari konsep Total Quality Management (TQM), Strategi yang dikembangkan dalam penggunaan manajemen mutu terpadu dalam dunia pendidikan adalah institusi pendidikan yang memposisikan dirinya sebagai institusi jasa, yakni institusi yang dapat memberikan pelayanan sesuai dengan apa yang diinginkan atau yang diharapkan oleh pelanggan (Tampubolon, 2001). Jasa atau pelayanan yang diinginkan oleh pelanggan tentu saja merupakan sesuatu yang bermutu dan memberikan kepuasan kepada mereka. Untuk itu diperlukan suatu sistem manajemen tata kelola yang mampu memberdayakan institusi pendidikan khususnya Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMSB agar lebih bermutu. Untuk itu Program studi Pendidikan Matematika agar bisa memenangkan persaingan, diperlukan adanya suatu model pengelolaan pendidikan yang berbasis manajemen mutu. Pengelolaan model ini menekankan pada adanya upaya pihak pengelola institusi pendidikan khususnya program studi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Untuk itu Program Studi Pendidikan Matematika khususnya dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat umumnya, dalam menyelenggarakan jasa pendidikan tinggi dengan menambahkan satu dharma lagi, yakni Al-Islam kemuhammadiyahan yang dikenal dengan istilah Catur Dharma Perguruan tinggi. Untuk itu, tulisan ini akan memberi gambaran tentang tata kelola Program Studi Pendidikan Matematika berdasarkan tata kelola manajemen mutu pendidikan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Pendidikan Matematika
Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2021 02:20
Last Modified: 01 Nov 2021 02:20
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/253

Actions (login required)

View Item View Item