Ningsih, Wahyu (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) pada Matematika Kelas V SDN 24 Pincuran Tujuah Kabupaten Solok Selatan. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.
Text
SKRIPSI WAHYUNINGSIH (20050001).pdf Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK Wahyuningsih, 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) pada Matematika Kelas V SDN 24 Pincuran Tujuah Kabupaten Solok Selatan. Media pembelajaran merupakan alat bantu guru untuk menyampaikan pesan berupa materi pembelajaran dengan mudah. Oleh karenanya, dalam pendidikan dibutuhkan media pembelajaran berbasis teknologi. Namun, media yang digunakan di SDN 24 Pincuran Tujuah masih media konvensional berupa gambar yang di print kemudian ditempel di papan tulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Media Augmented Reality (AR) pada Matematika Kelas V SDN 24 Pincuran Tujuah yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan model 4D yang memiliki empat tahapan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan dissemination (penyebaran). Media pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh ahli dari aspek isi, desain, dan bahasa untuk mencapai kriteria valid dan praktis, sedangkan untuk melihat efektivitas dilihat dari angket respon peserta didik dan hasil tes peserta didik. Hasil penelitian ini adalah media Augmented Reality (AR) dengan nilai 90% dengan kriteria sangat valid dilihat dari hasil validasi isi, desain, dan bahasa. Selanjutnya, hasil praktis diperoleh dari hasil angket materi, tampilan, dan penggunaan yaitu 96% dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan, hasil kriteria efektif yaitu dari hasil angket dan tes peserta didik diperoleh hasil 91% dengan kriteria sangat efektif. Jadi, media Augmented Reality mencapai kriteria valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci : Media Pembelajaran, 4D, Augmented Reality (AR)
Actions (login required)
View Item |