Yanti, Afri Ulfa (2024) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Discovery Learning Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas II MIS Darul Ulum Bangun Rejo Kabupaten Solok Selatan. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.
Text
AFRI ULFA YANTI SKRIPSI, NIM 20050002.pdf Download (100MB) |
Abstract
ABSTRAK Afri Ulfa Yanti, 2024. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Discovery Learning Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas II MIS Darul Ulum Bangun Rejo Kabupaten Solok Selatan. Berdasarkan hasil pengamatan di MIS Darul Ulum Bangun Rejo terlihat bahan ajar di madrasah tersebut cenderung menggunakan bahan ajar yang dibeli dari penerbit, kusunya Bahan Ajar matematika. Bahan Ajar yang digunakan tidak bewarna dan soal-soal dalam Bahan Ajar kurang meningkatkan berpikir kritis peserta didik. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan Bahan Ajar Berbasis Discovery Learning Pada Pembelajaran Matematika di Kelas II MIS Darul Ulum Bangun Rejo Kabupaten Solok Selatan dengan kategori valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah peneitian pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Bahan Ajar yang dikembangkan divalidasi oleh ahli dari aspek isi, desain, dan bahasa, untuk mencapai kriteria valid dan praktis, sedangkan untuk melihat efektivitas dilihat dari angket dan hasil tes peserta didik Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bahan Ajar berbasis Discovery Learning memenuhi kriteria valid dengan nilai 86%, dilihat dari segi validasi isi, desain, dan bahasa. Untuk hasil praktis diperoleh dari hasil angket materi, tampilan, dan penggunaan Bahan Ajar yaitu 96%. Sedangkan, untuk kriteria efektif dilihat dari hasil angket dan tes peserta didik yaitu 91%. Jadi Bahan Ajar berbasis Discovery Learning memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci : Bahan Ajar, ADDIE, Discovery Learning
Actions (login required)
View Item |