Rahmanda, Natasya Putri (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Smart Apps Creator Di Kelas IV Pada Keterampilan Menulis Di SDN 05 Timbulun Kabupaten Pesisir Selatan. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.
Text
file Skripsi Natasya Putri R.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Natasya Putri Rahmanda,2024. Pengembangan Media Pembelajaran Smart Apps Creator Di Kelas IV Pada Keterampilan Menulis Di SDN 05 Timbulun Kabupaten Pesisir Selatan. Media Pembelajaran Smart Apps Creator (SAC) merupakan salah satu media yang sering digunakan oleh guru dan murid dalam proses pembelajaran.Penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik dapat membuat murid mudah bosan dan kurang memahami materi yang disajikan khususnya pada keterampilan menulis. Tujuan peneliti yaitu mengembangkan media Smart Apps Creator (SAC) yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran keterampilan menulis di kelas IV SDN 05 Timbulun Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development). R&D adalah kegiatan untuk mengembangkan atau membuat suatu produk yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media pembelajaran Smart Apps Creator (SAC) yang dikembangkan divalidasi oleh ahli dari aspek isi, desain, dan bahasa untuk kriteria valid dan praktis, sedangkan untuk melihat efektifitas yaitu dengan angket serta hasil tes oleh murid. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Smart Apps Creator (SAC) pada keterampilan menulis memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai 86%, yaitu dilihat dari segi validasi isi, desain, dan bahasa. Untuk hasil praktikalitas diperoleh yaitu 95% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan 94% dengan kategori sangat banyak. Jadi media Smart Apps Creator (SAC) mencapai kriteria valid,praktis dan efektif. Kata Kunci: Smart Apps Creator (SAC), ADDIE,Keterampilan Menulis
Actions (login required)
View Item |