Mariati, Selvia (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Animaker Pada Matematika Kelas III SDN 27 Limau Asam Pesisir Selatan. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.
Text
Skripsi Selvia Mariati.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Selvia Mariati, 2024: Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Animaker Pada Matematika Kelas III SDN 27 Limau Asam Pesisir Selatan. Tujuan dikembangkan media pembelajaran animasi berbasis animaker yaitu untuk mempermudah guru dalam proses pembelajaran. Membuat suasana belajar menjadi asik, menarik dan menyenangkan bagi siswa. Pada saat melakukan observasi di sekolah, guru belum maksimal mengunakan media pembelajaran berbasis IT. Guru belum menyediakan media pembelajaran yang terbaru, tetapi hanya memanfaatkan buku dan media pembelajaran seadanya. Jadi oleh karena itu dikembangkan media pembelajaran berbasis animaker dengan kategori valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (research and development). Model yang digunakan adalah model ADDIE. Model ADDIE memiliki lima tahap yaitu analisis (Analyze), perencanaan (Desigh), pengembangan (Development), implementasi (Implementation) dan evaluasi (Evaluation). Hasil dari penelitian media pembelajaran animasi berbasis animaker pada validasi mendapatkan nilai 90% dengan kategori sangat valid. Untuk hasil dari praktikalitas mendapatkan nilai 91% dengan kategori sangat praktis. Dan nilai dari efektifitas yaitu 92% dapat dikategorikan sangat efektif. Jadi media pembelajaran animasi berbasis animaker mencapai kriteria sangat valid,praktis dan efektif. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Animaker, Matematika
Actions (login required)
View Item |