Pengembangan Modul Ajar IPAS Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Murid Kelas IV SDN 03 Pasaman Barat

Indriani, Erinda (2024) Pengembangan Modul Ajar IPAS Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Murid Kelas IV SDN 03 Pasaman Barat. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.

[img] Text
SKRIPSI ERINDA INDRIANI.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Erinda Indriani, 2024 : Pengembangan Modul Ajar IPAS Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Murid Kelas IV SDN 03 Pasaman Barat. Modul Ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka yang dirancang secara lengkap dan sistematis sebagai panduan dan pedoman guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang dilengkapi dengan langkah-langkah, rencana asesmen, hingga sarana yang dibutuhkan agar dapat menjalani pembelajaran yang lebih terorganisir. Untuk itu dikembangkan Modul Ajar IPAS Berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan kategori valid, praktis dan efektif.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan yaitu model ADDIE, yang memiliki lima tahap penelitian. Yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Untuk menguji validitas produk di tes oleh validator menggunakan angket validitas, untuk praktikalitas menggunakan angket yang dinilai oleh guru dan angket efektifitas dinilai oleh murid. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Modul Ajar IPAS Berbasis Problem Based Learning (PBL) memenuhi kriteria valid dengan nilai 88% dengan kategori sangat valid, untuk hasil praktis 100% dengan kategori sangat praktis dan hasil efektifitas 86% dengan kategori sangat efektif. Jadi Modul Ajar ini mencapai kriteria valid, praktis dan efektif. Kata Kunci : Modul Ajar, Problem Based Learning (PBL), ADDIE

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Modul Ajar, Problem Based Learning (PBL), ADDIE
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:02
Last Modified: 21 Mar 2024 07:02
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2542

Actions (login required)

View Item View Item