Indriani, Erinda (2024) Pengembangan Modul Ajar IPAS Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Murid Kelas IV SDN 03 Pasaman Barat. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.
Text
SKRIPSI ERINDA INDRIANI.pdf Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAK Erinda Indriani, 2024 : Pengembangan Modul Ajar IPAS Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Murid Kelas IV SDN 03 Pasaman Barat. Modul Ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka yang dirancang secara lengkap dan sistematis sebagai panduan dan pedoman guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang dilengkapi dengan langkah-langkah, rencana asesmen, hingga sarana yang dibutuhkan agar dapat menjalani pembelajaran yang lebih terorganisir. Untuk itu dikembangkan Modul Ajar IPAS Berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan kategori valid, praktis dan efektif.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan yaitu model ADDIE, yang memiliki lima tahap penelitian. Yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Untuk menguji validitas produk di tes oleh validator menggunakan angket validitas, untuk praktikalitas menggunakan angket yang dinilai oleh guru dan angket efektifitas dinilai oleh murid. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Modul Ajar IPAS Berbasis Problem Based Learning (PBL) memenuhi kriteria valid dengan nilai 88% dengan kategori sangat valid, untuk hasil praktis 100% dengan kategori sangat praktis dan hasil efektifitas 86% dengan kategori sangat efektif. Jadi Modul Ajar ini mencapai kriteria valid, praktis dan efektif. Kata Kunci : Modul Ajar, Problem Based Learning (PBL), ADDIE
Actions (login required)
View Item |