Kusuma Putri, Budiati Wijaya (2024) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SDN 29 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.
Text
CD BUDIATI WIJAYA KUSUMA PUTRI.pdf Download (19MB) |
Abstract
ABSTRAK Bahan ajar merupakan sumber materi penting bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Tanpa bahan ajar, tampaknya guru akan mengalami kesulitan dalam mencapai tujuan pembelajaran, penggunaan bahan ajar sebagai panduan guru sangat kurang dikarenakan bahan ajar yang kurang menarik bagi murid khususnya pada mata pelajaran matematika materi pecahan. Untuk itu dikembangkan Bahan Ajar Berbasis Realistic Mathematics Education yang valid, praktis, dan efektif Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Model pengembangan yang digunakan diadaptasi dari ADDIE. Model yang prosedurnya terdiri atas 5 langkah, yaitu (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Hasil dari validitas produk yang dikembangkan, dilihat dari aspek bahasa, isi dan desain, secara keseluruhan memperoleh nilai 86% dengan kategori sangat valid untuk bahan ajar berbasis RME. Kepraktisan Bahan Ajar berbasis RME dinilai dari beberapa aspek yaitu, aspek materi, aspek tampilan, dan aspek peggunaan bahan ajar, secara keseluruhan aspek tersebut memperoleh nilai praktikalitas yaitu 98% kategori sangat praktis. Nilai efektifitas secara keseluruhan yang diperoleh yaitu 94% dengan kategori sangat banyak. Dapat kita lihat dari hasil tersebut Bahan Ajar berbasis RME yang dikembangkan ini efektif pada pembelajaran. Kata Kunci : Bahan Ajar, ADDIE, RME
Actions (login required)
View Item |