Noveliza, Felia (2023) Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Empati Anak Di Kenagarian Salimpek. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.
Text
Skripsi FIX bab 1-5 felia.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya penggunaan gadget oleh anak usia Sekolah Dasar di Kenagarian Salimpek. Penggunaan gadget yang berlebihan pada anak dapat menghasilkan efek negative terhadap perkembangan anak. Hal ini dapat terlihat dari anak-anak yang menghabiskan waktu di depan layar gadget cenderung mengalami penurunan kualitas interaksi sosial,sehingga hal ini dapat menghambat kemampuan anak untuk merasakan empati karena dapat mengurangi kesempatan anak dalam belajar memahami perasaan dan kebutuhan orang lain. Maka hal ini perlu diteliti lebih lanjut dan mendalam dengan tujuan dapat menemukan dampak penggunaan gadget terhadap perilaku empati anak di Kenagarian Salimpek. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah anak usia Sekolah Dasar kelas lima di Kenagarian Salimpek dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gadget dapat berdampak positif dan negatif terhadap perilaku empati anak. Pertama ditinjau dari aspek negatif, terlihat bahwa anak tidak dapat memahami kemarahan orang tua ataupun merasa bersalah disat ditegur orang tua serta anak cenderung sibuk cenderung kasar dalam bertutur bahasa. selanjutnya hasil penelitian menunjukkan bahwa gadget memberikan pengaruh stress bagi anak dalam bermain gadget. Sedangkan dari aspek positif,gadget dapat memberikan dampak berupa rasa ingin menjadi seperti peran dalam tokoh atau karakter yang disaksikan dalam film maupun pada game online. gadget tidak begitu memberikan pengaruh terhadap empati anak dikarenakan anak masih mampu merasa simpati disaat teman sebaya tidak memiliki gadget. Keempat Personal Distress, Kata Kunci : Anak, Dampak Gadget, Perilaku Empati
Actions (login required)
View Item |