HUBUNGAN KEYAKINAN DIRI (SELF EFFICACY) DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH SURANTIH

Putri, Melsi Wanliza (2023) HUBUNGAN KEYAKINAN DIRI (SELF EFFICACY) DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH SURANTIH. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPSI MELSI WANLIZA PUTRI CD.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Prestasi belajar merupakan hal yang sangat penting dalam dunia pendidikan, karena prestasi belajar digunakan untuk mengetahui tercapai tidaknya tujuan pembelajaran yang akan berdampak pada mutu pendidikan. Dalam prestasi belajar terdapat dua faktor yang mempengaruhinya, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar adalah faktor psikologis yaitu self efficacy dan kemandirian belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Keyakinan diri (self efficacy) siswa MTs Muhammadiyah Surantih Kabupaten Pesisir Selatan. (2) kemandirian belajar siswa MTs Muhammadiyah Surantih Kabupaten Pesisir Selatan. (3) prestasi belajar siswa MTs Muhammadiyah Surantih Kabupaten Pesisir Selatan. (4) hubungan antara keyakinan diri (self efficacy) terhadap prestasi belajar siswa di MTs Muhammadiyah Surantih Kabupaten Pesisir Selatan. (5) hubungan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa di MTs Muhammadiyah Surantih Kabupaten Pesisir Selatan. (6) hubungan yang signifikan antara keyakinan diri (self efficacy) dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa MTs Muhammadiyah Surantih Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 147 peserta didik dari 232 orang dari kelas VIII MTs Muhammadyah Surantih. Analisis data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 22.0 for windows. Penelitian ini adalah (1) keyakinan diri (self efficacy) di MTs Muhammadiyah Surantih tergolong cukup dengan skor mean 85. (2) kemandirian si MTs Muhammadiyah Surantih tergolong cukup dengan skor mean 84. (3) prestasi belajar di MTs Muhammadiyah Surantih tergolong cukup dengan 73 siswa rentang nilai 81 sampai 86.(4) hubungan keyakinan diri (self efficacy) terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Surantih itu tidak memiliki hubungan karena nilai sig alfha 0,333 > 0,05. (5) hubungan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar kelas VIII di MTs Muhammadiyah Surantih itu memiliki hubungan dengan nilai sig alfha 0,000 < 0,05. (6) hubungan keyakinan diri (self efficacy) dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar kelas VIII di MTs Muhammadiyah Surantih itu memiliki hubungan dengan nilai sig alfha 0,000 < 0,05. Kata Kunci: (Self Efficacy)), Kemandirian Belajar, dan Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: (Self Efficacy)), Kemandirian Belajar, dan Prestasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 05 Apr 2024 07:50
Last Modified: 05 Apr 2024 07:50
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2569

Actions (login required)

View Item View Item