HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 38 PADANG

Hidayatulloh, Aldias Fahmi (2023) HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 38 PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
FULL SKRIPSI FAHMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Lingkungan belajar merupakan elemen terpenting dalam kehidupan manusia untuk mencapai suatu tujuan, tidak terkecuali bagi peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembalajaran. Hal ini disebabkan karena lingkungan merupakan salah satu faktor penunjang. Tempat dan lingkungan belajar yang nyaman memudahkan peserta didik untuk berkonsentrasi. Dengan mempersiapkan lingkungan yang tepat, peserta didik akan mendapatkan hasil yang lebih baik dan dapat menikmati proses belajar yang peserta didik lakukan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sekolah ini memiliki fasilitas yang memadai, sekolah sehat dan jauh dari kebisingan jalan raya akan tetapi, secara umum nilai mata pelajaran PAI peserta didik masih banyak di bawah KKM yaitu 80 oleh karena itu peneliti tertarik untuk menelitinya lebih lanjut kemudian peneliti mengangkat judul hubungan lingkungan belajar dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 38 Padang. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Bagaimana lingkungan belajar peserta didik di SMPN 38 Padang? 2). Bagaimana hasil belajar peserta didik di SMPN 38 Padang? 3). Apakah terdapat hubungan lingkungan belajar dengan hasil belajar peserta didik di SMPN 38 Padang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1). mengetahui lingkungan belajar peserta didik di SMPN 38 Padang, 2). mengetahui hasil belajar peserta didik di SMPN 38 Padang dan 3). mengetahui hubungan lingkungan belajar dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 38 Padang. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, karena data yang diambil berupa angka-angka berdasarkan fakta yang terjadi sebelumnya yang dianalisa menggunakan analisis statistik. Data diambil dari 87 sampel yaitu peserta didik di SMPN 38 Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis, uji linearitas dan uji hipotesis yang di analisis menggunakan bantuan program aplikasi SPSS Version 22.0. Hasil dari penelitian ini yaitu rata-rata lingkungan belajar peserta didik di SMPN 38 Padang tergolong cukup. Kemudian hasil belajar peserta didik di SMPN 38 Padang tergolong cukup. Selain itu, dapat diketahui nilai signifikansi dari koefisien korelasi sebesar 0,001 yang mana nilai ini lebih kecil dari 0,05 artinya terdapat hubungan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMPN 38 Padang. Sedangkan nilai Pearson Correlation nya yaitu 0,344 maka berdasarkan pedoman nilai Pearson Correlation di atas termasuk pada kategori 0,21 s/d 0,40 yaitu korelasi lemah. Maka dapat disimpulkan bahwa lingkungan belajar dengan hasil belajar peserta didik di SMPN 38 berhubungan secara positif dengan derajat korelasi lemah. Kata kunci: Lingkungan, Hasil belajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan, Hasil belajar Peserta Didik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 17 Apr 2024 08:57
Last Modified: 17 Apr 2024 08:57
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2576

Actions (login required)

View Item View Item