Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 32 Koto Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan

Shely Fiani, Sulbi (2018) Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 32 Koto Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan observasi yang peneliti lakukan di SDN 32 Koto Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan bahwa, kurangnya kepedulian orang tua tentang kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik dalam belajar, alat tulis dan buku pembelajaran tidak lengkap, kurangnya motivasi sehingga menyebabkan peserta didik malas belajar, serta hasil belajar peserta didik rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui bagaimanakah gambaran perhatian orang tua (2) bagaimanakah gambaran hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN 32 Koto Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan, (3) apakah terdapat hubungan perhatian orang tua dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN 32 Koto Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional, yaitu hubungan antara dua variabel antara perhatian orang tua (X) dan hasil belajar peserta didik (Y), populasi berjumlah 21 orang, penelitian ini adalah penelitian populasi karena semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, setelah data diperoleh maka peneliti menganalisa data tersebut dengan rumus persentase dan product moment. Hasil dalam penelitian ini adalah: (1) perhatian orang tua pada kelas IV SDN 32 Koto Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan tergolong tinggi (2) hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 32 Koto Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan tergolong tinggi (3) terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 32 Koto Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Saran peneliti setelah melakukan penelitian supaya orang tua lebih memperhatikan kebutuhan anaknya dan menjalin kerjasama yang baik antara guru dan orang tua untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci : Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar Peserta Didik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 19 Apr 2024 08:35
Last Modified: 19 Apr 2024 08:40
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2602

Actions (login required)

View Item View Item