Rospiadi, Rospiadi (2022) STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MASA TRANSISI COVID-19 (STUDI DI SD IT CAHAYA MAKKAH) KABUPATEN PASAMAN BARAT. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
Tesis Lengkap Rospiadi.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Strategi merupakan perencanaan yang cermat atau suatu garis besar haluan untuk melakukan sesuatu yang dirancang dengan sistematis dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan agar berjalan secara efektif dan efisien. Dalam proses pembelajaran pada masa transisi covid-19, strategi yang digunakan masih belum maksimal, yang ditandai dengan guru masih terbatas pada penggunaan Whatsapp ketika belajar online. Minat belajar yang masih rendah serta hasil belajar peserta didik menurun. Sehingga dibutuhkan strategi yang tepat untuk mengatasinya. Adapun tujuan penelitian ini adalah dapat mengetahui strategi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, usaha-usaha dalam peningkatan kualitas pembelajaran, hambatan dalam strategi meningkatkan kualitas pembelajaran, dan solusi untuk menghadapi hambatan dalam strategi meningkatkan kualitas pembelajaran pada masa transisi covid-19 di SD IT Cahaya Makkah. Bentuk penelitian ini (field reseach) dengan metode penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif, yaitu bertujuan untuk menggambarkan sesuatu apa adanya. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi Hasil penelitian yang dilakukan, kesimpulannya pertama, proses pembelajaran pada masa transisi Covid-19 memakai dua sistem, yaitu tatap muka dan daring. Tatap muka di kelas dengan pembatasan jumlah peserta didik, pemberlakuan kurikulum darurat, jam pembelajaran yang dibatasi, dan menjaga interaksi yang menyenangkan bagi peserta didik. Belajar dalam jaringan, dengan menggunakan group wathsapp. Kedua, Strategi meningkatkan kualitas pembelajaran, memunculkan minat dan perhatian peserta didik dengan menjaga komunikasi yang baik dengan peserta didik, meningkatkan kemampuan guru melalui pelatihan, supervisi pembelajaran, dan menerapkan sistem pelayanan individual dalam pembelajaran. Ketiga, Faktor penghambat Pertama, proses pembelajaran dan jam yang di batasi. Kedua, kurangnya persiapan guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran. Ketiga, Perubahan karakter siswa dalam penggunaan Handphone ketika belajar online Keempat, sarana dan prasarana belajar online yang belum terpenuhi. Keempat, solusi menghadapi hambatan dalam menerapkan strategi pembelajaran. Pertama, Webinar melalui jaringan internet tentang strategi mengajar daring. Kedua guru meringkas materi dari buku teks pembelajaran Ketiga, guru menerapkan metode penugasan, kepada peserta didik. Keempat, guru meningkatkan pola komunikasi yang dapat menimbulkan pemahaman baik pada peserta didik.. Kata Kunci : Strategi, Kualitas Pembelajaran, Masa transisi Covid-19
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Kualitas Pembelajaran, Masa transisi Covid-19 |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 08:16 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 02:21 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2620 |
Actions (login required)
View Item |