PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN BIDANG STUDI FIQIH MELALUI SUPERVISI KEPALA MADRASAH DI MTsN 3 PASAMAN KECAMATAN PANTI KABUPATEN PASAMAN

Soni, Yata (2024) PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN BIDANG STUDI FIQIH MELALUI SUPERVISI KEPALA MADRASAH DI MTsN 3 PASAMAN KECAMATAN PANTI KABUPATEN PASAMAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS FULL SONI YATA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Setiap pelaksanaan program pendidikan memerlukan adanya pengawasan atau supervise dan supervisor bertanggung jawab dalam munculnya suatu yang efektif dan efisien dalam program tersebut. Agar dapat terlaksana dengan efektif pelaksanaannya harus sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan dan ada follow up untuk melihat keberhasilan proses dan hasil pelaksanaan supervisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan, supervisi, dan mutu pembelajaran bidang studi Fiqih di MTsN 3 Pasaman. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala madrasah dan guru bidang studi Fiqih MTsN 3 Pasaman. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan teori analisis data Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data. Untuk menguji dan memeriksa keabsahan data peneliti melakukan uji credibility, transferability, dependability, dan confirmability, agar data dalam penelitian kualitatif ini dapat dipertanggungjawabkan sebagai penelitian ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Pelaksanaaan pembelajaran bidang studi Fiqih di MTsN 3 Pasaman dilakukan berdasarkan tiga tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pelaksanaan pembelajaran sudah berdasarkan kepada RPP dan Silabus yang sudah dibuat berdasarkan SK Dirjen Pendis No. 5164/2018 tentang Juknis Penyusunan RPP dan KMA 183 tahun 2019. Namun, pada tahap kegiatan inti pembelajaran Fiqih masih belum sesuai dengan isi RPP. Selain itu, juga masih terdapat kendala yaitu sarana dan prasarana dan peserta didik masih belum bersemangat mengikuti pembelajaran Fiqih. 2) Pelaksanaan supervisi oleh kepala madrasah dalam pembelajaran bidang studi Fiqih di MTsN 3 Pasaman dengan menggunakan teknik kunjungan kelas dengan melakukan observasi langsung terhadap guru yang sedang melakukan proses pembelajaran Fiqih. Supervisi dilakukan oleh kepala madrasah berdasarkan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan terakhir melakukan tindak lanjut terhadap hasil yang ditemukan ketika kunjungan kelas. 3) Mutu pembelajaran bidang studi Fiqih di MTsN 3 Pasaman dilakukan dengan cara yaitu 1) memberikan bimbingan dan binaan terhadap perangkat pembelajaran guru Fiqih seperti melalui sosialisasi, segala bentuk pelatihan dan MGMP, 2) menyediakan sarana dan prasarana yang memadai untuk penunjang proses pembelajaran Fiqih, 3) memberikan bimbingan dan pembinaan terkait dengan peningkatan kompetensi guru seperti sosialisasi, workhsop, in house training, dan seminar, 4) melakukan supervisi kunjungan kelas pada pembelajaran Fiqih seperti mengecek dan mengevaluasi perangkat pembelajaran (silabus dan RPP), media, metode, dan teknik pembelajaran Fiqih, 5) Meningkatkan kualitas keilmuan guru melalui lanjutan studi baik magister maupun doktoral. Kata Kunci: Mutu Pembelajaran, Bidang Studi Fiqih, Supervisi Kepala

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Mutu Pembelajaran, Bidang Studi Fiqih, Supervisi Kepala
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 29 Apr 2024 01:49
Last Modified: 29 Apr 2024 01:49
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2622

Actions (login required)

View Item View Item