Analisis Kinerja Ruas Jalan Tan Malaka ( Segmen Pasar Dangung - Dangung) Kabupaten Lima Puluh Kota

Alfin, Kholis (2024) Analisis Kinerja Ruas Jalan Tan Malaka ( Segmen Pasar Dangung - Dangung) Kabupaten Lima Puluh Kota. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
21180019 Alfin Kholis.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Pasar memiliki peran yang besar terhadap penyediaan kebutuhan masyarakat lokal salah satunya adalah pasar dangung-dangung. Pasar dangungdangung terletak di jalan tan malaka Kabupaten Lima Puluh Kota yang memilliki volume lalu lintas padat ditambah dengan kondisi hambatan samping yang tinggi dikarenakan adanya parkir di badan jalan dan pedagang di bahu jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan alternatif usulan peningkatan kinerja ruas pada jalan tan malaka di kawasan pasar dangung-dangung. Pelaksanaan survei pada penelitian ini dilakukan di tiga waktu berbeda, yaitu hari kerja, weekend dan hari pasar, terdiri dari survei inventarisasi ruas jalan, survei volume lalu lintas harian, survei kecepatan rata-rata lalu lintas, survei parkir dan survei pejalan kaki. Perhitungan yang digunakan adalah Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023. Dari hasil analisis kinerja yang telah dilakukan untuk kinerja ruas jalan pada kondisi eksiting yaitu, untuk derajat kejenuhan pada kondisi eksisting tepatnya pada hari pasar sebesar 0,84 dengan tingkat pelayanan D. Untuk kinerja ruas jalan pada kondisi eksisting yaitu, untuk kecepatan rata-rata lalu lintas pada kawasan pasar dangung-dangung pada hari pasar yaitu 21,45 km/jam dengan tingkat pelayanan E. Terjadi peningkatan kinerja ruas pada jalan tan malaka kawasan pasar dangung-dangung setelah dilakukan alternatif usulan dengan cara pemindahan parkir on street ke off street, penyediaan fasilitas pejalan kaki, melakukan penataan pedagang dan pemasangan fasilitas prasarana perlengkapan jalan di sepanjang jalan tan malaka pada pasar dangung-dangung. Hal tersebut dapat dilihat dari kapasitas jalan yang meningkat dari 1342 smp/jam menjadi 2470 smp/jam, mengalami peningkatan kecepatan dari 21,45 km/jam menjadi 39 km/jam, penurunan derajat kejenuhan dari 0,84 menjadi 0,46. Sehingga untuk tingkat pelayanan yang diperoleh setelah dilakukan usulan untuk kecepatan mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 96 Tahun 2015 tidak mengalami perubahan masih pada tingkat pelayanan E. Untuk tingkat pelayanan dengan mengacu pada derejat kejenuhan mengalami perubahan dari D menjadi A. Kata Kunci : Kinerja Ruas, Derajat Kejenuhan, Kecepatan, Volume Lalu Lintas, Pasar, PKJI 2023.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Teknik Sipil
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Teknik Sipil
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 06 May 2024 04:19
Last Modified: 06 May 2024 04:19
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2637

Actions (login required)

View Item View Item