IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM TERPADU MUTIARA PARIAMAN

Firman, Firman (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM TERPADU MUTIARA PARIAMAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
cover_p_firman_merged.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan tesis ini Memahami Implementasi karakter relegius di SMP Islam Terpadu Mutiara Pariaman. Untuk mendeskripsikan dan mendapatkan makna semantik dari implementasi pendidikan karakter religius di SMP Islam Terpadu Mutiara Pariaman. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter religius peserta didik pada peserta didik di SMP Islam Terpadu Mutiara Pariaman. Metode penelitian ini yang digunakan metode penelitian kualitatif, sumber data dipilih secara purposive dan bersifat snowball sampling. Purposive sampling adalah teknik pengambilan sumber data dengan pertimbangan tertentu, seperti orang tersebut dianggap paling tahu tentang apa yang peneliti harapkan. Sedangkan yang dimaksud snowball sampling adalah teknik pengambilan sampel yang awalnya jumlahnya sedikit, lama-lama menjadi besar. Dasar pertimbangan digunakannya teknik snowball sampling ini adalah karena dengan teknik penarikan sampel ini, dianggap akan lebih representatif baik ditinjau dari segi pengumpulan data maupun dalam pengembangan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya implementasi pendidikan karakter religius pada peserta didik di SMP Islam Terpadu Pariaman. Kesimpulan menunjukan bahwa adanya pembiasaan, keteladanan, berorientasi pada peserta didik (bimbingan dan nasehat) dan pemberian motivasi pada nilai religius ibadah dalam budaya perilaku yang menjadi rutinitas di SMP Islam Terpadu Mutiara Pariaman khususnya kelas VIII berupa pembiasaan berdo’a ketika selesai sholat dhuha, dan ketika hendak memulai pelajaran serta hendak memulai segala aktivitas, peserta didik selesai sholat dhuha berdo’a bersama dikelas dibimbing oleh ustadz atau ustadzah selanjutnya sebelum memulai jam pelajaran peserta didik berdo’a bersama yang dibimbing ustadz atau ustadzah. Peserta didik juga dibiasakan berdo’a setiap selesai sholat dzuhur dan ashar berjama’ah. Hal ini mengandung implikasi bahwa yayasan, sekolah dan pendidik memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan karakter religius peserta didik di sekolah.Sedangkan faktor penghambat implementasi pendidikan karakter religius melalui budaya sekolah menunjukkan faktor eksternal yang berasal dari lingkungan keluarga (orang tua) yang mana pembiasaan pelaksanaan nilai religius di sekolah belum sepenuhnya dibiasakan orangtua di rumah, terdapat penerapan nilai ibadah dan akhlak yang masih lalai dibiasakan di rumah selayaknya di sekolah. Kata Kunci : Pendidikan Karakter SMP IT Mutiara Pariaman.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter SMP IT Mutiara Pariaman.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 12 Jun 2024 01:59
Last Modified: 12 Jun 2024 01:59
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2683

Actions (login required)

View Item View Item