Desi, Erisanti (2023) Aplikasi Bahan Ajar CD Interaktif Powerpoint dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqh pada Siswa MTsN 2 Kota Pariaman. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
Tesis Desi erisanti.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Fokus Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan bahan ajar CD Interaktif Powerpoint pada mata pelajaran Agama dalam materi Fiqih terhadap Motivasi dan Hasil belajar siswa MTs Negeri 2 Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman. Tidak bisa dipungkiri bahwa paradigma pendidikan dewasa ini menginginkan terciptanya peserta didik yang pintar, cerdas, serta beriman dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa. Untuk mencapai tujuan itu, metode pembelajaran yang tepat patut digunakan. Apalagi dewasa ini dengan perkembangan teknologi, metode pembelajaran dapat diaplikasikan dengan mengunakan CD Interaktif. Bahan ajar tersebut diharapkan dapat meningkatkan Motivasi dan Hasil belajar siswa. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan bahan ajar CD Interaktif Powerpoint terhadap hasil belajar dan metode belajar siswa, maka digunakan metode ekperimen, di mana pada kelas kontrol akan diterapkan metode konvensional dan pada kelas ekperimen digunakan bahan ajar CD Interaktif Powerpoint. Dengan demikian dapat diketahui seberapa besar pengaruh penggunaan bahan ajar CD Interaktif Powerpoint terhadap peningkatan Motivasi dan Hasil belajar siswa. Hasil penelitian memperlihatkan : (1) penggunaan bahan ajar CD Interaktif Powerpoint yang diterapkan pada siswa MTs N 2 Kota Pariaman membuat siswa merasa senang untuk belajar, di mana siswa beranggapan bahwa pembelajaran menggunakan bahan ajar CD Interaktif Powerpoint berbeda dengan pembelajaran konvensional yang selama ini diterapkan guru, (2) penggunaan bahan ajar CD Interaktif Powerpoint yang diterapkan di MTs N 2 Kota Pariaman mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Terbukti pada kelas eksperimen yang menerapkan metode ini, siswa terlihat antusias dalam belajar, tidak ada lagi siswa yang keluar-masuk selama proses belajar. Sementara pada kelas kontrol yang tidak menerapkan bahan ajar CD Interaktif Powerpoint, siswa terlihat mengantuk, malas, dan sering keluar-masuk kelas selama proses pembelajaran, (3) penggunaan bahan ajar CD Interaktif Powerpoint yang diterapkan di MTs N 2 Kota Pariaman mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Terbukti pada kelas kontrol yang tidak menerapkan bahan ajar CD Interaktif Powerpoint, hasil belajar mereka tergolong rendah, sementara pada kelas eksperimen yang menerapkan bahan ajar CD Interaktif Powerpoint, hasil belajar mereka tergolong tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar CD Interaktif Powerpoint sangat berpengaruh terhadap peningkatan Motivasi dan Hasil belajar siswa. Kata kunci: CD Interaktif, Powerpoint, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CD Interaktif, Powerpoint, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 03:50 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 01:40 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2686 |
Actions (login required)
View Item |