Wahyu Mustika, Rani (2023) Pengaruh Self Regulation terhadap Kecerdasan Emosional Warga Binaan di Lapas Kelas II A Padang. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
Skripsi Wahyu Mustika rani.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang ditemukan di rehabilitas lapas kelas II A Padang. Fenomena ini terlihat, warga binaan diasumsikan kurang mampu dalam mengendalikan emosi yang datang pada dirinya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self regulation terhadap kecerdasan emosional warga binaan di Lapas Kelas II A Padang pada bagian rehabilitasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Subjek penelitian ini adalah warga binaan di Lapas Kelas II A Padang. Cara pengambilan subjek penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel penelitian ini diperoleh sebanyak 70 orang. Hasil uji validitas menggunakan teknik korelasi product moment, pada angket regulasi diri bernilai 0,140 sedangkan pada angket kecerdasan emosional bernilai 0,089. Adapun uji reliabilitas menggunakan uji cronbach alpha dengan hasil, pada variabel regulasi diri bernilai 0,869 dan kecerdasan emosional bernilai 0,898. Hasil uji analisis prasayarat dalam penelitian ini yaitu uji normalitas kolmogorov smirnov bernilai signifikan sehingga berdistribusi normal dan uji linearitas pada deviation from linearity bernilai signifikan sehingga menandai bahwa terdapat hubungan yang linear antara regulasi diri dengan kecerdasan emosional. Hasil penelitian ini adalah gambaran regulasi diri warga binaan di rehabilitas berada pada kategori tinggi sedangkan gambaran kecerdasan emosional warga binaan di rehabilitas berada pada kategori sangat tinggi. Adapun hasil analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana bernilai signifikan sehingga dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh regulasi diri terhadap kecerdasan emosional warga binaan di lapas kelas II A padang. Kata Kunci : Regulasi diri, Kecerdasan emosional, Warga binaan
Actions (login required)
View Item |