TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS SIBIRUANG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR

Rifani, Elsera (2023) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS SIBIRUANG KECAMATAN KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
RIFANI ELSERA_191000248201008_2023_SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pelayanan dan kepuasan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, karena dengan adanya kepuasan maka pihak terkait dapat saling mengkoreksi sampai pelayanan yang diberikan apakah bertambah baik atau buruk. Hal tersebut sangat dipengaruhi oleh setiap petugas dalam memberikan pelayanan, pelayanan yang dapat memuaskan adalah pelayanan yang dilakukan berdasarkan ketentuan yang berlaku dan dapat memahami apa yang diminta masyarakat. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk melihat tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu penelitian yang menggambarkan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian yang di analisis dengan menggunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien yang mengambil obat di Puskesmas Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Sampel penelitian yang diambil secara purposive sampling yaitu sebanyak 100 orang. Dari hasil penelitian tentang tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar menunjukkan bahwa kategori tingkat kepuasan terbesar yaitu pada dimensi bukti fisik sebanyak 87%, berikutnya dimensi kehandalan 84%, dimensi empati 83%, dimensi jaminan 82%, dan terkecil yaitu dimensi ketanggapan sebanyak 79%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian pada pasien di Puskesmas Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar berdasarkan 5 dimensi kualitas pelayanan adalah puas dengan persentase sebanyak 83%. Kata kunci : Kepuasan, Pelayanan Kefarmasian, Puskesmas.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Pelayanan Kefarmasian, Puskesmas
Subjects: P Language and Literature > Farmasi
P Language and Literature > Fakultas Farmasi > Farmasi
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Farmasi > Farmasi
Divisions: Library of Congress Subject Areas > P Language and Literature > Farmasi
Library of Congress Subject Areas > P Language and Literature > Fakultas Farmasi > Farmasi
Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:06
Last Modified: 20 Jun 2024 02:06
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2705

Actions (login required)

View Item View Item