STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH BATANG KABUNG

Firdawati, Firdawati (2022) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH BATANG KABUNG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
Firda.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi yang digunakan guru akidah akhlak dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal peserta didik di MTs TI Batang Kabung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, yakni dengan menggambarkan objek penelitian sebagaimana adanya. Sebagai sumber data primer dalam penelitan ini adalah guru akidah akhlak MTsTI Batang Kabung, kemudian sumber data sekunder adalah buku-buku yang relevan dengan penelitian penulis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi dan studi dukumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian diolah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menemukan tiga hal, pertama metode yang digunakan oleh guru akidah akhlak dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal adalah metode uswah atau keteladanan dan metode drill (latihan). Kedua, langkah penerapan metode uswah adalah dengan membaca doa dan asmaul husna sebelum proses pembelajaran, memberikan nasehat, menghubungkan materi pembelajaran dengan kejadian di lingkungan, memberikan reward dan punishment, serta melaksanakan upacara bendera setiap hari senin. Sementara itu langkah penerapan metode drill adalah berdiskusi, memberikan latihan individu, memberikan tugas individu di rumah, pelaksanaan kultum jum’at, shalat zhuhur berjama’ah dan pelaksanaan class meeting. Ketiga, gambaran umum kecerdasan intrapersonal peserta didik di MTs TI Batang Kabung berdasarkan catatan guru BK, sebanyak 237 siswa yang telah mengikuti tes psikologi, didapatkan hasil bahwa 21 siswa berada pada kategori kecerdasan intrapersonal yang sangat rendah, 25 siswa pada kategori rendah, 83 siswa pada kategori sedang, dan 128 siswa berada pada kategori tinggi. Selanjutnya Berdasarkan hasil penilaian/evaluasi oleh guru akidah akhlak pada akhir semester 2 T.P 2020/2021, rata-rata siswa di MTsTI Batang Kabung memiliki kecerdasan intrapersonal yang juga cukup tinggi. Karena tidak banyak, bahkan jarang siswa yang memperoleh nilai rendah pada mata pelajaran akidah akhlak. Kata Kunci: Strategi, Guru Akidah Akhlak, Kecerdasan Intrapersonal

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru Akidah Akhlak, Kecerdasan Intrapersonal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 03 Jul 2024 04:52
Last Modified: 03 Jul 2024 04:52
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2741

Actions (login required)

View Item View Item