PELAKSANAAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR ASPEK AFEKTIF PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DIMASA PANDEMI COVID -19 DI MTS BPP BAWAN KECAMATAN AMPEK NAGARI KABUPATEN AGAM

Nurnajmi, Nurnajmi (2022) PELAKSANAAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR ASPEK AFEKTIF PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DIMASA PANDEMI COVID -19 DI MTS BPP BAWAN KECAMATAN AMPEK NAGARI KABUPATEN AGAM. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
Tesis Nurnajmi 190600286108058 (1).pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandemi covid 19 telah memaksa terjadi perbuahan konsep pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran Daring, dirumah saja. Tantangan besar bagi pendidik sikap dan prilaku peserta didik, terutama yang bersentuhan dengan rahah afektif. Berdasarkan observasi bahwa di MTs BPP Bawan, para pendidik teutama guru Aqidah Akhlak terus berupaya untuk memberikan penekanan hasil berlajarnya pada ranah afektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pembelajaran apa yang digunakan guru, hasil penerapan strategi pembelajaran, serta kekurangan dan kelebihan pada strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam meningkatkan hasil belajar aspek afektif peserta didik Kelas VII Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak selama masa Pandemi Covid-19 Di MTs BPP Bawan Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang menjadi lokasi penelitian adalah MTs BPP Bawan. Untuk mengumpulkan data menggunakan instrumen pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data guru Aqidh Akhlak dan Peserta didik. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini. Pertama Strategi pembelajaran yang digunakan guru adalah membuat rancangan pelaksanaan pembelajaran daring, mempersiapkan media pembelajaran, menetukan skenario, Menyiapkan materi serta menyajikannya secara menarik, menentukan metode yang digunakan, serta menentukan pendekatan yang digunakan. Kedua hasil penerapan strategi pembelajaran adalah peserta didik menjadi terlatih untuk membiasakan diri shalat dhuha, mengaji, tadarus, membatu orang tua, membersihkan rumah dan sebagaiknya, serta juga memiliki pengaruh positif terhadap penanaman nilai-nilai kejujuran pada peserta didik Ketiga Kekurangan dari pada strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam meningkatkan hasil belajar aspek afektif peserta didik adalah pembelajaran dirasakan kurang optimal, tidak adanya interaksi antara peserta didik, serta juga dengan gurunya. Sedangkan Kelebihan dari pembelajaran secara daring adalah dapat mempercepat penguasaan teknologi, lebih fleksibel serta bisa diulang-ulang. Kata Kunci: Strategi Belajar, Hasil Belajar, Aspek Afektif

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Belajar, Hasil Belajar, Aspek Afektif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2024 04:43
Last Modified: 04 Jul 2024 04:43
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2749

Actions (login required)

View Item View Item