KONTRIBUSI SERTIFIKASI TERHADAP KOMPETENSI PAEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU PAI SD SE KECAMATAN PADANG TIMUR KOTA PADANG

Salam, Salam (2020) KONTRIBUSI SERTIFIKASI TERHADAP KOMPETENSI PAEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU PAI SD SE KECAMATAN PADANG TIMUR KOTA PADANG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS PDF OK.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang masalah guru Pendidikan Agama Islam di beberapa Sekolah Dasar di Padang Timur Kota Padang dalam menyampaikan pelajaran terkesan kurang menunjukkan kemampuan pedagogik. Suasana kelas menjadi monoton dan siswa pun kurang aktif serta tidak antusias dalam mengikuti proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, tujuan Penelitian ini adalah untuk mengungkap seberapa besar Kontribusi Sertifikasi terhadap Kompetensi Paedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam SD se Kota Padang. Tesis ini menggunakan metode kuantitatif yang menggambarkan kondisi real yang ada di lapangan, dengan melihat berbagai masalah yang timbul saat ini. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: (1) Terdapatnya Kontribusi Sertifikasi terhadap Kompetensi Paedagogik Guru Pendidikan Agama Islam SD se Kota Padang. (2) Terdapatnya Kontribusi Sertifikasi terhadap Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam SD se Kota Padang. (3) Terdapatnya kontribusi Sertifikasi terhadap Kompetensi Paedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam SD se Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PAI sertifikasi se Kota Padang yang berjumlah 160 orang. Jumlah sampel penelitian sebanyak 40 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus tabel yang ada dalam buku Sugiono. Dari hasil penelitian terungkap bahwa: (1) Sertifikasi berkontribusi secara positif dan signifikan terhadap Kompetensi Paedagogik Guru Pendidikan Agama Islam SD se Kota Padang, besarnya kontribusi Sertifikasi terhadap Kompetensi Paedagogik Guru Pendidikan Agama Islam SD se Kota Padang, adalah 0.431 dengan koefisien determinasi sebesar 0.1857 atau (18.57%), (2) Sertifikasi berkontribusi secara positif dan signifikan terhadap Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam SD se Kota Padang sebesar 0.331, dengan koefisien determinasi sebesar 0.110 atau 11.00 %. (3) Sertifikasi berkontribusi secara positif dan signifikan terhadap Kompetensi Paedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam SD se Kota Padang. Kompetensi Paedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam SD se Kota Padang ditentukan oleh Sertifikasi secara bersama-sama adalah 0.683 dengan koefisien determinasi sebesar 0.4660 atau 46.60%. Kata kunci: Sertifikasi, Kompetensi Paedagogik, Kompetensi Profesional

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi, Kompetensi Paedagogik, Kompetensi Profesional
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:34
Last Modified: 28 Aug 2024 03:11
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2752

Actions (login required)

View Item View Item