PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PAI DI KELAS VIII 3 SMPN 1 SASAK RANAH PASISIE

Petriani, Petriani (2020) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PAI DI KELAS VIII 3 SMPN 1 SASAK RANAH PASISIE. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS PETRIANI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tugas seorang pendidik dalam memberikan suatu pengetahuan, melatih suatu kecakapan, serta menentukan arah dan keyakinan bukanlah suatu tugas mudah. Di samping dia harus memiliki kesabaran, kreativitas, menjadi teladan, pendidik juga harus memiliki pengetahuan dasar dalam mengajar, termasuk di dalamnya penerapan metode yang benar dan waktu yang tepat. Peningkatan kualitas pendidikan dapat dilihat dari beberapa faktor yang menunjang. Salah satu tolak ukur peningkatan kualitas pendidikan yaitu kualitas pembelajaran. Dari beberapa pendekatan- pendekatan dalam pembelajaran, ada salah satu yang unik dan menarik sehingga dapat memicu peningkatan penalaran peserta didik yaitu pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Berdasarkan fokus Penelitian, maka tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan strategi pembelajaran CTL dan motivasi siswa serta pengaruhnya terhadap hasil belajar pada pembelajaran PAI di kelas VIII 3 SMP Negeri 1 Sasak Ranah Pasisie. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan model penelitian Korelasi dan Regresi ditujukan kepada 31 orang siswa Kelas VIII 3. Data dikumpulkan menggunakan angket sebanyak 35 item untuk variable X1 (Pendekatan CTL) dan 30 item untuk variable Y1 (Motivasi Belajar) yang keseluruhannya sudah lolos uji validitas dan reliabilitas. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa pada uji korelasi, ditemukan ada hubungan yang signifikan antara pendekatan CTL dengan motivasi belajar dengan nilai rhitung (0,760) > rtabel (0,296) pada signifikansi 0.05, dan rhitung (0,760) > rtabel (0,4093) pada signifikansi 0.01, dan antara pendekatan CTL dengan hasil belajar dengan nilai rhitung (0,753) > rtabel (0,296) pada signifikansi 0.05, dan rhitung (0,753) > rtabel (0,4093) pada signifikansi 0.01. Seterusnya dilakukan uji regresi untuk melihat pengaruh pendekatan CTL terhadap motivasi sebesar 30% dengan R Square adalah 0.303, dan pengaruh pendekatan CTL terhadap hasil belajar sebesar 51.9% dengan R Square adalah 0.519. Kata kunci: Pendekatan CTL, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan CTL, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 08 Jul 2024 08:21
Last Modified: 08 Jul 2024 08:21
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2755

Actions (login required)

View Item View Item