Jummadillah, Jummadillah (2021) Penerapan Metode Kisah Dalam Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di SDN 13 Kapalo Koto Kecamatan Pauh. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
170600286108061 jummadillah.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Metode pendidikan sangat menentukan berhasil atau tidak dalam proses pembelajaran metode yang tidak efektif akan menjadi penghambat kelancaran proses belajar mengajar sehingga banyak tenaga dan waktu terbuang sia-sia. Oleh karena itu, metode yang diterapkan seorang guru akan berdaya dan berhasil jika mampu dipergunakan dengan tepat dalam mencapai tujuan pendidikan yang ditetapkan. metode Kisah sangat efektif jika diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, karena metode ini sangat menarik dan dapat meningkatkan semangat peserta didik. Sebab yang diceritakan berbagai kisah teladan yang terdapat dalam al-Qur`an dan hadits. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode kisah di Kelas III SDN 13 Kapalo Koto dan juga untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di SDN 13 Kapalo Koto. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. hasil yang diperoleh merupakan hasil dari data deskriptif, yakni berupa kata-kata, gambaran dan bukan angka-angka. Sumber data sekaligus informan adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam (PAI) serta pihak-pihak yang terkait dalam penelitian ini bila diperlukan. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa teknik yakni dengan melalui observasi, interview serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Penerapan metode kisah dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan minat belajar peserta didik cukup baik hal ini dapat dilihat langsung ketika jam pelajaran selama dalam penelitian. Peserta didik terlihat antuasias dan aktif serta semangat mendengarkan pelajaran melaui metode kisah namun harus dijeput dengan pertanyaan setelah menceritakan kisah. Disamping itu untuk meningkatkan minat belajar peserta didik yang diberikan guru PAI SDN 13 Kapalo Koto terdapat 3 (tiga) cara : pertama, memberikan ganjaran hingga dapat dijadikan pendorong bagi peserta didik agar lebih giat belajar, kedua melihat keadaan peserta didik dan memahami kisah ang akan diceritakan, ketiga Menjelaskan maksud dan tujuan akhir dalam proses belajar mengajar. Untuk faktor pendukungnya adalah sarana dan prasarana yang lengkap, tenaga pengajarnya yang profesional, dan adanya dukungan dan kerjasama dari guru-guru non agama Islam. Sedangkan penghambatnya adalah kurangnya kerjasama antara pihak sekolah dengan orang tua wali peserta didik. Kata Kunci : Metode Kisah, Pembelajaran PAI, Minat Belajar Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Kisah, Pembelajaran PAI, Minat Belajar Peserta Didik |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 08:01 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 02:37 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2759 |
Actions (login required)
View Item |