COLLABORATIVE LEARNING BERBASIS SITUS MEDIA SOSIAL SERTA DAMPAKNYA TERHADAP GAYA DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 SITIUNG

Ana Fitri, Neli (2020) COLLABORATIVE LEARNING BERBASIS SITUS MEDIA SOSIAL SERTA DAMPAKNYA TERHADAP GAYA DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 SITIUNG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
180600286108076 ANA FITRI NELI.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Collaborative learning bukanlah istilah baru, bahkan sudah sering dipraktikkan dalam pembelajaran tatap muka. Mengupayakan agar collaborative learning di situs media sosial juga dapat terealisasi dengan baik adalah merupakan salah satu usaha mengembangkan keterampilan abad 21, dimana peserta didik memperolah kecakapan hidup dan belajar melalui interaksi sosial.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh situasi peserta didik yang kesehariannya berinteraksi melalui media sosial, disamping adanya tuntutan pembelajaran yang dilaksanakan secara jarak jauh. Collaborative learning berbasis situs media sosial dilaksanakan guna lebih mengefektifkan penggunaan media sosial dikalangan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana pelaksanaan Collaborative Learning (pembelajaran kolaboratif) berbasis situs media sosial pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam serta bagaimana dampaknya terhadap gaya dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bersifat kualitatif, dimana data-data hasil penelitian yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan survey akan disajikan dalam bentuk deskripsi melalui kata-kata dan bukan angka. Rancangan pembelajaran kolaboratif bertujuan agar kolaborasi melalui media sosial terealisasi dalam pembelajaran online dengan memanfaatkan media sosial sebagai media pembelajaran. Dalam pelaksanaannya Collaborative Learning berbasis situs media sosial dapat berjalan sesuai rancangan yang ada. Peserta didik dapat berdiskusi dan bekerjasama meskipun berada di tempat yang berbeda. Interaksi antara sesama peserta didik, antara peserta didik dengan guru dan bahan pembelajaran dapat memicu aktifitas dan kreatifitas peserta didik. Gaya kognitif peserta didik menjadi berkembang lebih maksimal, karena mereka bebas memilih materi yang akan mereka pelajari dan dengan cara bagaimana mereka memahaminya.Pembelajaran kolaboratif atau Collaborative Learning berbasis situs media sosial yang dilaksanakan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam berdampak positif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan afektif peserta didik. Hal ini terjadi karena kolaborasi via media sosial menyababkan terjadinya pengulangan informasi yang dapat dibaca atau disaksikan peserta didik secara berulang tanpa keterbatasan tempat dan waktu.Pelaksanaan pembelajaran kolaboratif juga berdampak baik terhadap hasil belajar sikap dan keterampilan peserta didik terutama yang berhubungan dengan keterampilan kepribadian, sosial dan produk. Kata kunci :collaborative learning, media sosial, gaya belajar, hasil belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: collaborative learning, media sosial, gaya belajar, hasil belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:26
Last Modified: 11 Jul 2024 02:26
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2766

Actions (login required)

View Item View Item