Firdaus, Firdaus (2021) PENGARUH TAHFIZH ALQURAN TERHADAP SIKAP SPRITUAL DAN SIKAP SOSIAL BERBASIS KURIKULUM 2013 PESERTA DIDIK KELAS IX MTsN 06 KOTA PADANG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
FIRDAUS TESIS UMSB 2021.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK MTsN 06 Kota Padang, memiliki program Tahfizh khusus dan berbeda dari MTsN lainnya. Di MTsN 06 Kota Padang, program Tahfizh Alquran tidak hanya menjadi bagian dari Muatan Lokal (Mulok), tetapi juga menjadi fokus pembelajaran yang dilakukan secara terstruktur dan terjadwal. Selain itu, MTsN 06 Kota Padang adalah satu-satunya Madrasah di Sumatera Barat yang memiliki Guru Tahfizh tersertifikasi. Guru-guru yang ditunjuk untuk menjadi Pembina Tahfizh bukan hanya dari Guru Agama atau Guru Mata Pelajaran Tahfizh, tetapi juga Guru-guru Mata Pelajaran lain yang dinilai mampu mendengarkan dan menilai hingga memperbaiki hafalan Alquran para peserta didik. Selain itu, masing-masing Guru Pembina Tahfizh di MTsN 06 Kota Padang, hanya dibebani maksimal 30 orang siswa/i. Hal ini membuat tingkat pengawasan untuk masing-masing peserta didik dapat terlaksana dengan optimal. Menilik kepada Kurikulum 2013 (Kurtilas), yang menempatkan 4 aspek utama sebagai penilaian; pengetahuan; keterampilan; sikap spritual; dan sikap sosial, pembelajaran Tahfizh atau menghafal Alquran, semestinya dapat memberikan dampak postitif kepada seluruh aspek penilaian Kurtilas. Terlebih pada aspek sikap spritualitas dan sikap sosial. Fokus masalah penelitian ini adalah; bagaimana pengaruh Tahfizh Alquran terhadap sikap spiritual; bagaimana pengaruh Tahfizh Alquran terhadap sikap sosial; dan bagaimana pengaruh Program Tahfizh Alquran terhadap sikap spiritual dan sikap sosial secara simultan pada Peserta Didik kelas IX MTsN 06 Kota Padang berbasis Kurikulum 2013. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah penelitian lapangan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Ditemukan bahwa; 1) Nilai signifikasi pengaruh tahfizh Alquran (X) terhadap sikap spiritual siswa madrasah (Y1) adalah 0,00 < 0,05. Begitu juga dengan nilait thitung 11,337 > 1,976 yang merupakan nilai ttabel. Maka Ho1 ditolak dan Ha1 diterima. Dengan begitu, terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara tahfizh Alquran terhadap sikap spiritual siswa kelas 9 MTsN 06 Kota Padang; 2) Nilai signifikasi pengaruh tahfizh Alquran (X) terhadap sikap spiritual siswa madrasah (Y2) adalah 0,00 < 0,05. Begitu juga dengan nilait thitung 9,098 > 1,976 yang merupakan nilai ttabel. Maka Ho2 ditolak dan Ha2 diterima. Dengan begitu, terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara tahfizh Alquran terhadap sikap sosial siswa kelas 9 MTsN 06 Kota Padang.; 3) Hasil uji f menunjukkan bahwa nilai signifikasi pengaruh tahfizh Alquran (X) terhadap sikap spiritual (Y1) dan sikap sosial siswa madrasah (Y2) adalah sebesar 0,00 < 0,05. Begitu juga dengan nilai fhitung 76,898 > 3,06 yang merupakan nilai ftabel. Maka Ho3 ditolak dan Ha3 diterima. Dengan begitu, terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara tahfizh Alquran terhadap sikap sosial siswa kelas 9 MTsN 06 Kota Padang. Kata Kunci: Tahfizh Alquran, Sikap Spritual, Sikap Sosial, dan MTsN 06 Padang
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tahfizh Alquran, Sikap Spritual, Sikap Sosial, dan MTsN 06 Padang |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 03:33 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 02:33 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2782 |
Actions (login required)
View Item |