IMPLEMENTASI IBADAH SHALAT BERJAMAAH UNTUK MEMBANGUN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SD NEGERI 12 MUNDAM SAKTI KECAMATAN IV NAGARI KABUPATEN SIJUNJUNG

Mayono, Mayono (2024) IMPLEMENTASI IBADAH SHALAT BERJAMAAH UNTUK MEMBANGUN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SD NEGERI 12 MUNDAM SAKTI KECAMATAN IV NAGARI KABUPATEN SIJUNJUNG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS MAYONO_22010070.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembentukan Karakter disiplin siswa merupakan sesuatu yang sangat penting bagi siswa. Karna itu dalam rangka membangun karakter disiplin tersebut SD Negeri 12 Mundam Sakti kecamatan IV Nagari, membangunnya melalui ibadah shalat berjamaah. Maka implementasi ibadah shalat berjamaah untuk membangun karakter disiplin siswa di SD Negeri 12 Mundam Sakti kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung sangat diperlukan agar tujuan pendidikan dapat dicapai. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah, pertama: untuk mengetahui perencanaan pembentukan karakter disiplin siswa melalui pembiasaan shalat berjamaah di SD Negeri 12 Mundam Sakti. Kedua: untuk mengetahui pelaksanaan penjelasan karakter disiplin siswa melalui pembiasaan. Ketiga: untuk mengetahui evaluasi pembentukan karakter siswa SD Negeri 12 Mundam Sakti. Keempat: menegetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi shalat berjamaah di SD Negeri 12 Mundam Sakti, dan kelima untuk mengetahui hasil yang diperoleh siswa dari implementasi shalat berjamaah di SD Negeri 12 Mundam Sakti Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung. Adapun metode dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan informan kunci adalah kepala sekolah, guru dan siswa SD Negeri 12 Mundam Sakti. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga tahap yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model dari Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah, pertama: perencanaan ini dilaksanakan langsung oleh para siswa sebagai bagian dari proses pendidikan. Kedua: pelaksanaan shalat berjamaah yang dilaksanakan oleh para siswa menghasilkan disiplin waktu, berani dalam memimpin, ketekunan ibadah dan saling menghormati. Ketiga: dalam proses evaluasi pelaksanaan shalat berjamaah yang dilakukan para murid baik dirumah maupun disekolah, guru harus bertanya bagaimana shalatnya, apa dilakukan atau tidak, tujuan supaya mereka tahu apa sudah shalat atau belum. Dan diharapkan menjadi kebiasaan bagi para murid. Keempat: faktor pendukung dalam implementasi ibadah shalat berjamaah untuk membentuk karakter disiplin siswa adalah seluruh warga sekolah mendukung kegiatan sekolah, tingkat antusias dari siswa sangat tinggi, kolaborasi yang sangat baik antara guru dengan wali murid. Adapun faktor penghambatnya adalah sebagian wali murid yang sulit diajak kerja sama, kurangnya pengawasan guru, pengaruh lingkungan pertemanan, penyalahgunaan teknologi, apalagi sarana dan prasarana kurang lengkap Kelima: Hasil dari implementasi shalat berjamaah adalah menjadikan murid lebih disiplin waktu, berani dalam memimpin, tekun beribadah, serta saling menghormati. Kata Kunci: Implementasi, Karakter, Disiplin

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Karakter, Disiplin
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:25
Last Modified: 16 Jul 2024 08:25
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2784

Actions (login required)

View Item View Item