PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS IX DI MTsN 6 KOTA PADANG

Jamaril, Jamaril (2022) PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS IX DI MTsN 6 KOTA PADANG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
FULL EDIT TESIS BUYA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Melihat kondisi dilapangan saat ini, bahwa beban pembelajaran yang dipikulkan kepada siswa, bukanlah beban yang ringan, mengingat di satu sisi siswa harus memenuhi tuntutan kemampuan menguasai pengetahuan wajib yang sesuai dengan kurikulum yang terstruktur yaitu mata pelajaran umum dan mata pelajaran agama dan pada sisi lain ditambah lagi dengan tugas menghafal Alquran. Hal-hal yang disebutkan di atas, sangat mengharapkan sentuhan manajemen yang lebih efektif dan sesuai, serta mempertimbangkan berbagai masalah yang menyangkut tentang sistem pembelajaran dan kurikulum serta perangkat pembelajaran Tahfiz Al- qur’an di MTsN 6 Kota Padang, karena masih banyak ditemukan kelemahan- kelemahan manajemen pembelajaran yang diterapkan selama ini. Berdasarkan apa yang dikemukakan diatas, maka penulis ingin mengetahui tentang kebutuhan, penerapan dan tanggapan terhadap Total Quality Management(TQM) di MTsN 6 Kota Padang dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an terhadap peserta didik kelas Ixan tanggapan guru dan peserta didik terhadap Total Quality Management(TQM)dalam meningkat kualitas hafalan Al-quran peserta didik kelas IX di MTsN 6 Kota Padang Metode ilmiah adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang digunakan untuk menggambarkan, menjelaskan dan menjawab persoalan-persoalan suatu fenomena atau peristiwa yang terjadi pada saat ini, baik tentang fenomena dalam variabel tunggal maupun korelasi dan perbandingan berbagai variabel. Dalam penelitian ini penulis berupaya menggambarkan tentang bagaimana kebutuhan, penerapan, serta tanggapan maajlis guru dan peserta didik terhadap Total Quality Management pada Program Tahfidz Al-Qur‟an di MTsN 6 Kota Padang, mulai dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program yang digunakan oleh MTsN 6 Kota Padang dalam proses peningkatan mutu. Adapun kebutuhan MTsN 6 Kota Padang sangat di butuhkan. Karena sesungguhya program TQM sangat cocok untuk menjalankan program tahfiz al- qur’an, dalam rangka meningkatkan mutu hafalan al-qur’an oleh peserta didik. Karena program TQM itu mempunyai prinsip kepuasan pelanggan dan observasi kualitas suatu lembaga serta dalam program penerapan TQM pada program tahfiz al- qur’an tedapat komponem mutu proses, mutu layanan, mutu lingkungan dan mutu SDM yang menjadi pokok dalam meningkatkan kualitas hafalan al-qur’an oleh peserta didik .sedangkan Penerapan TQM di MTsN 6 Kota Padang sudah diterapkan ssuai dengan prinsip-prinsip progam TQM dengan menciptakan konsistensi tujuan, menciptakan kepuasan pelanggan, respek terhadap setiap orang (peserta didik ), dan perbaikan berkesinambungan, namun pelaksanaan program TQM di MTsN 6 Kota Padang belum berjalan dengan sempurna karena masih ada kekurangan-kekurangan, walaupun TQM sudah diterapkan sesuai dengan ketentuan yang mendasar pada program TQM terhadap tahfidz al-Qur’an namun waktu hafalan sangatlah sediikit sehingga program TQM tidak berjalan dengan sempumrna. Sedangan tanggapan para majlis guru dan peserta didik di MTsN 6 Kota Padang bahwa mereka mengatakan program Total Quality Management (TQM) adalah baik untuk dikembnagkan dan diterapkan Karena sesungguhya program TQM sangat cocok untuk menjalankan program tahfiz al-qur’an, dalam rangka meningkatkan mutu hafalan al-qur’an oleh peserta didik. Karena program TQM itu mempunyai prinsip kepuasan pelanggan dan observasi kualitas suatu lembaga serta dalam program penerapan TQM pada program tahfiz al-qur’an tedapat beberapa komponem yaitu mutu proses, mutu layanan, mutu lingkungan dan mutu SDM yang menjadi pokok untuk meningkatkan kualitas hafalan al-qur’an peserta didik. Namun kesempurnaan itu terhambat oleh waktu yang diberikan untuk menghafal terlalu sedikit. Keywords : Al-Quran, TQM ( Total Quality Management)

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Al-Quran, TQM ( Total Quality Management)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:41
Last Modified: 17 Jul 2024 02:41
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2785

Actions (login required)

View Item View Item