PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE DAN SCRABBLE GAME DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI MTSN 1 PASAMAN

Mutia, Khaira (2021) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE DAN SCRABBLE GAME DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI MTSN 1 PASAMAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
(190600286108061) MUTIA KHAIRA.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari perbandingan penggunaan Media Crossword puzzle dan Scrabble game dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab di MTsN 1 Pasaman, serta memberikan kontribusi pikiran untuk kemajuan pembelajaran Bahasa Arab di MTsN 1 Pasaman. Peserta didik kelas VII semester akhir masih kesulitan dalam menghafalkan Kosa kata Bahasa Arab. Permasalahan ini terlihat dari susahnya mereka mengingat kosa kata dengan baik dan benar sehingga perbendaharaan kosa kata Bahasa Arab mereka sulit meningkat. Oleh sebab itu dirasa perlu guru bahasa Arab dan peserta didik memanfaatkan media menggunakan crossword puzzle dan scrabble game untuk proses pengajaran dan pembelajaran kosa kata bahasa Arab di kelas. Metode Penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif komparatif. Peneliti akan membandingkan dua Variabel melalui hasil pre test dan post tes. Pembelajaran kosakata Bahasa Arab menggunakan perlakuan media crossword puzzle pada kelas eksperimen. Sedangkan di kelas kontrol, Peneliti akan memberlakukan pembelajaran dengan menggunakan media Scrabble game. Berdasarkan data hasil uji analisa Mann-Whitney di atas didapatkan skor signifikansi sebesar 0,037. Jika taraf signifikansi ini dibandingkan dengan acuan pengambilan keputusan Mann-Whitney maka 0,037 < 0,05, sehingga crossword puzzle dan scrabble game memberikan pengaruh terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa. Skor N-gain kelas kontrol dengan kelas eksperimen yakni 51,3889% banding 48,2667%, maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan nilai hasil belajar siswa lebih efektif terjadi pada kelas kontrol yang menggunakan metode scrabble game dibandingkan dengan penggunaan metode crossword puzzle pada kelas eksperimen. Kata Kunci: Scrabble game, Crossword puzzle, bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Scrabble game, Crossword puzzle, bahasa Arab
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:47
Last Modified: 18 Jul 2024 07:47
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2789

Actions (login required)

View Item View Item