PENERAPAN METODE TABARAK DALAM MENINGKATKAN HAFALAN REMAJA DI RUMAH TAHFIDZ DAARUL HUFFADZ MANINJAU KABUPATEN AGAM

Muhammad, Yasin (2021) PENERAPAN METODE TABARAK DALAM MENINGKATKAN HAFALAN REMAJA DI RUMAH TAHFIDZ DAARUL HUFFADZ MANINJAU KABUPATEN AGAM. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS MUHAMMAD YASIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang terfokus pada kualitas makna yaitu hakikat dan esensi yang didasarkan pada sumber data yang naturalistik (secara langsung). Penelitian kualitatif merupakan metode yang digunakan dalam penulisan tesis ini. Adapun yang menjadi instrumen kunci ialah peneliti. Tujuan yang diperoleh dari penelitian kualitatif untuk mengetahui gambaran, faktor pendukung serta faktor penghambat penerapan metode Tabarak dalam meningkatkan hafalan remaja di Rumah Tahfidz Daarul Huffadz Kabupaten Agam. Pimpinan Rumah Tahfidz Daarul Huffadz Maninjau Kabupaten Agam dan Ustadz/Ustadzah yang berlisensi serta mengajar di Rumah Tahfidz Daarul Huffadz merupakan sumber data yang menjadi acuan penelitian ini/ subjek penelitian. Observasi, wawancara dan Dokumentasi merupakan instrumen dari penelitian. Analisis yang digunakan dalam Instrumen penelitian ini model Miles dan Huberman dengan rincian reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh, hafalan Remaja dengan menggunakan Metode Tabarak di Rumah Tahfidz Daarul Huffadz Maninjau Kabupaten Agam dapat meningkat. Hal ini mencakup mengenai tujuan kurikulum, materi, strategi kurikulum, target hafalan, bahan ajar, penerapan metode yang digunakan, hasil dan evaluasi serta faktor pendukung dan penghambat. Metode Tabarak lebih efektif digunakan dalam membimbing Remaja pada proses menghafalkan Al-Qur‟an di Rumah Tahfidz Daarul Huffadz, hal ini berdasarkan standar kelulusan 60 % dari 100 % dari hasil evaluasi yang didapat dari Rumah Tahfidz Daarul Huffadz di tambah dengan media yang dimanfaatkan yaitu media elektronik dalam setiap proses menghafal yang merupakan faktor pendukung. Adapun yang menjadi faktor penghambat ialah keterlibatan orang tua/ wali santri dalam proses pendidikan tidak maksimal. Peran orang tua/wali santri sangat berpengaruh dalam meningkatkan hafalan remaja di Rumah Tahfidz Daarul Huffadz Maninjau Kabupaten Agam. Kata Kunci : Metode Tabarak, Hafalan Al-Qur’an , Remaja

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Tabarak, Hafalan Al-Qur’an , Remaja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:49
Last Modified: 19 Jul 2024 03:49
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2792

Actions (login required)

View Item View Item