PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MIN 6 KOTA PADANG

Raudha, Ningsih (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MIN 6 KOTA PADANG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
Tesis Raudha Ningsih Tanpa Jurnal.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Rendahnya kemampuan peserta didik dalam melakukan kerjasama pada kegiatan pembelajaran, menjadikan rendahnya minat belajar peserta didik yang berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik terhadap materi ajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hal ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman dan keterampilan guru dalam menerapkan model pembelajaran yang mampu mengkondisikan peserta didik supaya bisa melakukan kerjasama terutama dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat dan hasil belajar peserta didik terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam setelah menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Jigsaw. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian quasy eksperimen menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Peneliti juga menggunakan teknik pengumpulan data dengan menyebar angket untuk minat belajar SKI dan memberikan tes untuk hasil belajar peserta didik. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa, pertama pengaruh model pembelajaran kooperative learning tipe jigsaw dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam dikelas VI MIN 6 Kota Padang adalah nilai sig. 0.000 lebih kecil dari 0,05, maka terdapat pengaruh yang signifikan anatara minat dan hasil belajar. Kedua, pengaruh model pembelajaran kooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik kelas VI MIN 6 Kota padang yaitu t hitung ˃ t tabel ( 6.293 ˃ 2.756 ), sehingga adanya peningkatan yang signifikan hasil belajar kelompok eksperimen. Ketiga, pengaruh minat dan hasil belajar peserta didik terhadap pembelajaran kooperatife learning tipe jigsaw pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas VI MIN 6 Kota padang pada Uji t yaitu t hitung ˃ t tabel ( 2.580 ˃ 2.179 ) dan uji F yaitu F hitung ˃ F tabel ( 6.655 ˃ 4.24 ). Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Minat Belajar, hasil Belalajar, Sejarah kebudayaan Islam

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Minat Belajar, hasil Belalajar, Sejarah kebudayaan Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 23 Jul 2024 03:51
Last Modified: 23 Jul 2024 03:51
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2801

Actions (login required)

View Item View Item