UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN SIKAP TOLERANSI ANTAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 PASAMAN

Ermiyati Y, Ermiyati Y (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN SIKAP TOLERANSI ANTAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 PASAMAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
Tesis_Ermiyati (21010088).pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Upaya guru pendidikan Agama Islam dalam pembentukan sikap toleransi antar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pasaman, dimana penerapan dan pelaksanaan sikap toleransi antar peserta didik di madrasah telah berjalan dengan baik, peneliti melakukan penelitian secara langsung hubungan antara peserta didik yang satu dengan peserta didik yang lain. Dengan begitu penerapan nilai-nilai toleransi antar peserta didik perlu dilakukan di madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan penelitian: 1) Bagaimana gambaran interaksi peserta didik dalam menerpakan sikap toleransi antar peserta didik pada kelas 5 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pasaman. 2) Apa saja program guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan sikap toleransi antar peserta didik kelas 5 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pasaman. 3) Apa saja faktor pendukung dan hambatan guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan nilai-nilai toleransi antar peserta didik pada kelas 5 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pasaman. Metode penelitian ini yakni menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dipergunakan dengan observasi, wawancara serta dokumentasi yang diajukan pada guru-guru PAI dan kepala madrasah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pasaman dan dengan mengamati beberapa dokumen yang terkait penelitian. Berdasakan hasil penelitian bahwa (1) Bentuk interaksi peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pasaman dalam penerapan sikap toleransi antar peserta didik yakni tidak memilih-milih dan membedakan teman, tidak bersikap kasar kepada teman seperti melakukan bullying atau perundungan, membantu teman mempelajari lagi materi yang belum dipahami, menawarkan bantuan kepada teman yang sedang mengalami masalah. Sedangkan untuk upaya guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan nilai-nilai toleransi antar peserta didik kelas 5 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pasaman yaitu memberikan arahan dan bimbingan secara rutin, melakukan pembiasaan, serta membuat kebijakan khusus dalam bentuk tata tertib selama pembelajaran PAI. (2) Dalam program guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pasaman yakni guru-guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pasaman melakukannya mulai dari persiapan, pelaksanaan, hingga penilaian. (3) Factor pendukung hambatan dalam menerapkan nilai-nilai toleransi antar peserta didik kelas 5 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pasaman yakni, untuk pendukung guru-guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pasaman bisa diajak kerja sama dan juga berdasarkan firman Allah yaitu walaupun manusia itu berbeda-beda, kita harus saling bersaudara. Untuk penghambatnya yakni anak-anak susah diajak kerja sama dan juga factor keluarga yang berbadabeda latar belakangnya. Kata kunci : Upaya Guru PAI, Sikap Toleransi, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru PAI, Sikap Toleransi, Peserta Didik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 24 Jul 2024 01:57
Last Modified: 24 Jul 2024 01:57
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2805

Actions (login required)

View Item View Item